Home / Earth Science / Ilmu Batuan / Batu Andesit Hasil Gunung Api

Batu Andesit Hasil Gunung Api

Batu Andesit merupakan salah satu jenis batuan beku yang dihasilkan dari produk gunung berapi. Batuan jenis Andesit ini pada umumnya bisa dibagi menjadi dua jenis batuan berdasarkan dari tempat asal terbentuknya. Batuan jenis Andesit yang pertama adalah andesit berupa batuan beku yang proses membeku atau terbentuknya berada di dalam tanah, dan batuan dari jenis andesit yang kedua adalah andesit yang proses pembekuannya terjadi di permukaan tanah atau yang sering disebut dengan lava. Andesit juga termasuk dengan jenis batuan beku lava dimana juga mempunyai struktur batuan struktur tiang atau columnar jointing.

Batu Andesit adalah jenis batuan yang secara sederhananya dikatakan batu ini berasal dari lahar yang dihasilkan gunung berapi yang membeku. Dan oleh karena itu batuan jenis andesit ini juga sering disebut dengan lavastone. Batu dengan jenis andesit ini biasanya memiliki karakter yang khas dengan warna abu-abu yang terang hingga berwarna gelap. Andesit memiliki ciri fisik lain salah satunya dengan memiliki struktur pori-pori yang cukup padat dan memiliki tingkat kekerasan yang juga tak kalah tinggi namun tingkat kekerasan andesit masih berada dibawah tingkat kekerasan batu granit.

Ragam manfaat Batu Andesit

Batu Andesit kini telah menjadi tren yang diterapkan pada bangunan-bangunan yang minimalis karena batu jenis ini akan mampu membuat struktur bangunan menjadi lebih kokoh dan akan menimbulkan kesan dingin yang sangat kuat. Batu berjenis andesit ini kini juga banyak digunakan pada bangunan hotel-hotel berbintang serta pada bangunan yang mewah dengan diaplikasikan atau diterapkan untuk dinding, pagar, lantai pada taman, bibir kolam sampai pada carport. Karena berbagai alasan andesit kini banyak digunakan, antara lain karena warna abu-abu pada batu andesit jika dipadukan dengan hijaunya tumbuhan bisa memberikan nuansa sejuk dan alami.

Bahan bongkahan batu andesit

560 x 386 – 64.9 kB.jpeg, Bahan bongkahan batu andesit

Batu andesit bintik bakar

1536 x 1152 – 98.9 kB.jpeg, Batu andesit bintik bakar

Batu andesit yang siap di jual

526 x 394 – 98.4 kB.jpeg, Batu andesit yang siap di jual, batu andesit dapat digunakan sebagai lantai rumah

Batu andesit untuk interior dan exterior rumah

507 x 350 – 86.0 kB.jpeg, Batu andesit untuk interior dan exterior rumah

Batu Andesit yang sering dijumpai oleh banyak kalangan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia biasanya memiliki dua ragam motif yang didasarkan dari corak serta warna dari jenis andesit ini, yaitu andesit polos dan andesit bintik hitam. Biasanya andesit diterapkan pada berbagai macam bangunan dan berbagai pengaplikasian diantaranya adalah seperti untuk lantai, untuk dinding, untuk jalan setapak taman, untuk kolam ikan, untuk penghias air terjun, untuk kamar mandi, untuk carport serta berbagai penerapan dan pengaplikasian yang lain.

Batu Andesit ini diambil dan digali dari bukit, yang biasanya kemudian dibentuk dengan proses sedemikian rupa hingga menjadi balokan yang akan memudahkan untuk selanjutnya didistribusikan ke berbagai pabrik atau para pengrajin batu alam untuk dilakukan proses pengolahan yang lebih lanjut. Ketersediaan dari bahan baku batu alam sendiri biasanya akan lebih sulit didapatkan ketika musim hujan, dikarenakan kondisi medan yang menjadi lebih sulit, dan biasanya hujan dengan intensitas yang tinggi akan memicu terjadinya longsor, rusaknya akses jalan dan berbagai hal lainnya yang dapat menghambat distribusi andesit ini.

Tentu saja jika bahan baku dari Batu Andesit ini sulit didapatkan maka harga dari andesit ini juga cenderung semakin mahal. Selain itu proses pengolahan batuan dari jenis andesit sendiri juga sangat sulit, proses pengolahan batu dengan jenis andesit memang sangat rumit sehingga batu ini pun dijual dengan harga yang lumayan tinggi. Namun harga jual tersebut memang sebanding dengan manfaat yang didapat dengan penerapan batu dengan jenis andesit ini. Baca juga artikel lainnya tentang Mengenal Lebih Dalam Batu Granit di www.majalahbatu.com

Deskripsi: batu andesit memiliki karakteristik yang sangat khas. Penggunaan batu ini sangat banyak ditemui dikarenakan manfaat batu jenis ini yang sangat banyak. Batu ini dapat dilakukan penerapan pada berbagai jenis bangunan.

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2018

Harga GPS Garmin 2018 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin luangkanlah …

4 comments

  1. bisa anda jelaskan struktur kimia andesit? terimakasih

    • Struktur kimia atau rumus kimia? kalau rumus kimia, andesit terdiri dari beberapa mineral, karena andesit itu batuan yang merupakan kumpulan dari beberapa mineral. Tapi rumus kimia andesit yang paling umum di jumpai adalah komposisi silika SiO2, Fe2, MgO dll…

  2. Untuk 5 negara penghasil andesit di dunia dan 5 negara yg konsumsi andesit terbesar di dunia apakah bapak tahu pak? mohon bantuan nya pak

  3. Save gambarnya buat tugas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online