Home / Earth Science / Tips dan Cara / Membedakan Badar Emas dan Pasir Emas

Membedakan Badar Emas dan Pasir Emas

Cara membedakan badar emas dan pasir emas. Sebelum itu, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu, mana yang dikatakan sebagai badar emas dan mana yang dikatakan sebagai pasir emas. Kedua jenis batu tersebut sangatlah berbeda, badar emas adalah batuan yang didalamnya terdapat mineral chalcopyrite maupun pyrite sendiri. Sedangkan pasir emas adalah gabungan antara kaca (glass) ataupun obsidian dan mineral tembaga. Bisa dikatakan juga bahwa pasir emas ini merupakan hasil dari lab yang memiliki proses pembuatan yang cukup panjang karena diperlukannya beberapa campuran dan olahan khusus.

Cara membedakan badar emas dan pasir emas

Baca juga tentang :

Ciri Khas dan Khasiat Batu Badar Emas

Batu Akik Pasir Emas

Pasir emas memiliki kekerasan antara 5-6 skala mohs, sedangkan badar emas memiliki kekerasan antara 3.5 – 4 (jika dominan Chalcopyrite) serta 6 – 6.5 (jika dominan Pyrite). Secara umum, badar emas adalah sebutan untuk batu akik yang memiliki mineral yang tampak seperti emas, baik itu chalcopyrite maupun pyrite. Salah satu ataupun kedua dari mineral tersebut dapat hadir bersamaan pada batuan yang disebut sebagai badar emas hal ini disebabkan senyawa kimia yang kedua mineral badar emas tersebut hampir sama.

Baik itu Chalcopyrite maupun Pyrite merupakan petanda hadirnya emas dalam batuan tersebut, bukan berarti kedua mineral tersebut emas, HANYA INDIKASI terdapat emas. Banyak yang menanyakan kepada saya berapa kandungan emas dalam batu badar emas? jawabannya adalah super sangat amat sedikit.

Oke, mari kita kembali lagi kepada pasir emas, batu apakah sebenarnya ini? kenapa seperti ada kilap dalam batuan tersebut? Kebanyakan pasir emas berwarna coklat kemerahan, tetapi ada juga yang memiliki warna seperti biru, hijau, kuning dan merah.

Jadi bagaimana? apakah anda sudah dapat membedakan antara badar emas dan pasir emas? Kesimpulannya adalah : Batu badar emas dan pasir emas tidaklah sama, bahkan dari ciri fisiknya saja sudah berbeda. Semoga pembahasan yang singkat seperti diatas tersebut dapat bermanfaat bagi anda. Baca juga artikel lainnya tentang Jenis Batu Permata Murni Mineral Bagian 1 di majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online