Home / Earth Science / Tips dan Cara / Cara Mendapatkan Sertifikat Batu Akik

Cara Mendapatkan Sertifikat Batu Akik

Sertifikat batu akik merupakan surat yang menyatakan tentang spesifikasi dan jenis batu akik yang dijual. Adanya sertifikat untuk batu akik yang dijual kini marak di berlakukan di indonesia. Ditengah booming batu mulia, popularitas batu akik juga kian meroket. Untuk mengantisipasi oknum-oknum yang tak bertanggung jawab kini batu akik telah memiliki sertifikat. Sertifikat ini semacam identitas atau ktp bagi sebuah batu akik.

Sertifikat batu akik bisa dimiliki oleh pemilik batu akik dengan membuatkannya pada sebuah lembaga yang kredibel dalam masalah geologi. Pada umumnya batu akik yang di jual dan memiliki sertifikat harganya juga lebih mahal. Hal ini wajar saja karena batu akik yang bersertifikasi tentunya juga mengeluarkan biaya. Oleh karena itu saat ini sertifikasi batu akik ini menjadi tren tersendiri di kalangan para penghobi ataupun oleh para penjual batu akik.

Tips melakukan sertifikasi batu akik

Sertifikat batu akik merupakan identitas yang dimiliki oleh sebuah batu akik. Identitas ini di buat berdasarkan spesfikasi dan jenis batu akik tersebut. Tentunya pembuatan sertifikat ini juga dilakukan tidak sembarangan. Pada umumnya sertifikat ini dikeluarkan oleh laboratorium yang geogoli. Sehingga sertifikat ini bisa dijadikan informasi mengenai jenis batu tersebut. Biasanya yang dilakukan sertifikasi batu akik adalah jenis batu zamrud, ruby, paparaca, ceylon, berlian bahkan jenis batu bacan juga bisa dilakukan sertifikasi.

Sertifikasi batu akik

Jika anda bertanya bagaimana mendapatkan sertifikat batu akik ? sebenarnya caranya cukup sederhana. sertifikat batu akik diperoleh lewat lembaga yang khusus untuk melakukan sertifikasi misalnya laboratorium geologi khusus batu mulia. Pada umumnya harga sertifikasi cukup bervariasi. Mulai dari 100 hingga 400 ribu rupiah. Jika harganya di bawah rata rata misalnya hanya 80 ribu pada umumnya hanya berbentuk memo bukan sertifikat. Saat melakukan sertifikasi biasanya dan beberapa hal yang diteliti pertama adalah warna batu, jenis batu, tingkat kekerasan, kandungan batu, darimana batu tersebut berasal, berat batu serta berapa harga batu tersebut.

Tempat sertifikasi batu akik

Setelah mendapatkan sedikit pemaparan diatas, kira kira apakah anda berniat untuk membuat sertifikat batu akik ? jika anda berminat untuk membuat sertifikat batu akik hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah tempat atau laboratorium tersebut. Tentunya kualifikasi dari laboratorium tersebut juga akan mempengaruhi hasil yang akan anda peroleh. Jika anda masih bingung dengan tempat untuk mendapatkan sertifikat tersebut anda bisa datang ke pegadaian. Kini pegadaian memberikan layanan untuk melakukan sertifikasi batu akik. Anda bisa datang ke pegadaian yang ada di sekitar anda. sehingga anda tak perlu repot-repot mencari laboratorium yang kredibel untuk memberikan identitas batu akik anda.

Sertifikat batu akik tidak hanya berguna bagi penjual batu akik. Pengecekan terhadap identitas batu juga bisa dilakukan untuk mengecek apakah batu tersebut asli atau tidak. Oleh karena itu pembeli juga bisa melakukan sertifikasi atau hanya uji laboratorium untuk batu akik yang di beli. Hal ini perlu dilakukan agar si pembeli tidak salah pilih. Namun jika anda membeli batu akik yang telah bersertifikat pada umumnya sudah terjamin keaslian dan kwalitas dari batu akik tersebut. Apalagi jika sertifkat tersebut dikeluarkan oleh lembaga yang kredibel sehingga tanda tangan dari pemilik lembaga sertifikasi tersebut dapat dipertanggung jawabkan secara hukum. Dengan adanya jaminan hukum seperti ini tentu seseorang akan berani menjual mahal dengan kepastian bahwa batu tersebut benar benar batuan alam bukan sintesis. Baca juga tentang Jenis Batu Akik Dari Arab di www.majalahbatu.com

Description : sertifikat batu akik merupakan surat identitas yang dikeluarkan oleh lembaga atau laboratorium yang mampu menguji batuan alam.

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online