Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Mengenal GIS Lebih Jauh

Mengenal GIS Lebih Jauh

Memahami pengertian GIS sangat penting agar dapat mengerti dan Paham GIS dan hubungannya dengan disiplin lain. Menurut Dictionary of GIS Terminology, GIS didefinisikan sebagai “an integrated collection of computer software and data used to view and manage information about geographic places, analyze spatial relationships, and model spatial processes” (ESRI 2011).

Dalam pengertian tersebut GIS adalah framework untuk memperoleh dan mengorganisir data spasial dan informasi terkait sehingga dapat ditampilkan dan dianalisis. Definisi GIS tersebut sudah secara eksplisit menyatakan bahwa GIS adalah berbasis komputer.

Hal ini sejalan dengan Burrough (1986) yang menyatakan bahwa GIS adalah sistem informasi berbasis komputer yang didesain untuk bekerja dengan data yang memiliki referensi koordinat spasial atau geografis.

Pengertian GIS

Meskipun pada dua definisi di atas GIS sudah secara eksplisit disebut berbasis komputer, dalam hal konsep, GIS sudah sangat lama diterapkan untuk berbagai keperluan (Galati 2006), jauh sebelum teknologi komputer dikembangkan. GIS sudah bertransformasi dari berbasis manual menjadi berbasis komputer. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena kemajuan komputasi telah berkontribusi sangat besar dalam perkembangan GIS, Sekarang ini, hampir semua operasional GIS dilakukan dengan teknologi berbasis komputer.

Terdapat banyak kesalahan pemahaman terhadap GIS di antaranya anggapan bahwa GIS adalah software pembuat peta. Pandangan tersebut tentu keliru karena meskipun software GIS dapat menghasilkan peta, GIS jauh lebih luas dari hanya sekadar untuk pembuatan peta.

GIS tidak berdiri sendiri sebagai suatu disiplin. GIS sangat berhubungan dengan disiplin atau sistem lain seperti pcngindraan jauh, surveing, photogrammetry, pemetaan digital, CAD, database, dan sebagainya. Penguasaan disiplin-disiplin lain sangat menunjang pemahaman dan penguasaan GIS.

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2018

Harga GPS Garmin 2018 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin luangkanlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online