Menjalankan ArcMap

Salah satu penggunaan ArcGIS Desktop yang paling umum adalah untuk membuat peta dengan menggunakan ArcMap. Hal tersebut tidak sepenuhnya keliru karena memang pembuatan peta adalah salah satu fasilitas yang dominan pada ArcMap, meskipun pembuatan peta hanya sebagian dari manfaat yang dapat diberikan oleh ArcMap.

Menjalankan ArcMap

Sebelumnya kalian harus sudah melakukan instalasi ArcGIS Desktop, baik itu versi berbayar maupun versi trial. Konsultasikan dengan administrator jaringan dan komputer perihal ketersediaan software ArcGIS Desktop dan lisensinya. Jika ingin menggunakan versi trial, silakan download dari website resmis ArcGIS.

Jika ArcGIS Desktop sudah diinstal, jalankan ArcMap. Abaikan jendela Getting Started yang biasanya tampil pada saat ArcMap pertama kali dibuka sehingga tampil seperti pada gambar berikut.

Menjalankan ArcMap
Menjalankan ArcMap

Gambar Project baru ArcMap

Sistem koordinat data frame/view ArcMap

Saya sangat menyarankan untuk melakukan pengaturan sistem koordinat dari data view pada saat pertama kali sebuah project ArcMap dibuat. Sangat disarankan untuk memilih sistem koordinat yang umum digunakan seperti GCS untuk peta dengan cakupan luas seperti Peta Indonesia. Jika perlu sistem koordinat planar, maka UTM sangat direkomendasikan.

Untuk mengatur sistem koordinat data view dapat dilakukan seperti pada langkah-langkah berikut.
(1) Klik-ganda pada data frame Layers
(2) Pilih tab Coordinate System
(3) Pilih sistcm koordinat Geographic Coordinate System World WGS 1984.
(4) Klik pada Add to favorite untuk memudahkan penggunaan di kemudian.
(5) Pilih tab General dan pastikan satuan (unit) dalam Decimal Degrees
(6) Klik OK untuk menerapkan pilihan
(7) Pada bagian bawah kanan (status bar) ArcMap akan tampak satuan berubah dari Unknown units menjadi Decimal Degree.

mengatur sistem koordinat data view
mengatur sistem koordinat data view

Mengatur sistem koordinat data view

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online