Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Ekstensi ArcGIS Dari ESRI

Ekstensi ArcGIS Dari ESRI

Secara default terdapat beberapa ekstensi dari ESRI yang turut diinstal saat instalasi ArcGIS Desktop. Daftar ekstensi dari ESRI pada ArcGIS Desktop adalah:

  • Spatial Analyst
  • 3D Analyst
  • ArcScan
  • Publisher
  • Data Reviewer
  • Geostatistical Analyst
  • Schematics
  • Tracking Analyst

Setiap ekstensi memiliki tipe lisensi masing-masing. Pengguna dapat menjalankan ekstensi bawaan ESRI sepanjang tipe lisensi dari ArcGIS Desktop dapat digunakan menjalankan ekstensi yang bersangkutan. Beberapa gambaran mengenai sebagian ekstensi bawaan ESRI dapat dijelaskan sebagai berikut.

Spatial Analyst

Spatial analyst mungkin adalah ekstensi yang paling utama untuk analisis data spasial pada ArcGIS Desktop. Beberapa fungsi penting untuk analisis spasial terdapat pada ekstensi Spatial Analyst. Semua tool pada ekstensi Spatial Analyst dapat diakses melalui ArcToolbox seperti tampak pada Gambar. Sejak ArcGIS versi 10, ArcGIS tidak menampilkan ekstensi Spatial Analyst berupa toolbar, melainkan disajikan di dalam ArcToolbox.

Gambar Ekstensi Spatial Analyst

Gambar Ekstensi Spatial Analyst

3D Analyst

3D Analyst adalah ekstensi ArcGIS Desktop yang memiliki kapabilitas untuk melakukan analisis dan visualisasi tiga dimensi. Ekstensi ini dapat diakses melalui toolbar dan ArcToolbox seperti dapat dilihat pada gambar dibawah.

Gambar Toolbar dan tool 3D Analyst

Gambar Toolbar dan tool 3D Analyst

ArcScan

ArcScan adalah salah satu ekstensi ArcGIS Desktop dari ESRI yang digunakan untuk melakukan input data dari data raster. Data raster hasil scan peta manual dapat digunakan sebagai input data ArcGIS Desktop dengan melakukan digitasi. Untuk mempercepat proses digitasi, ArcGIS Desktop menyediakan ekstensi ArcScan yang dapat digunakan untuk membantu proses digitasi peta raster tersebut.

Publisher

Publisher adalah ekstensi ArcGIS Desktop yang dapat digunakan untuk membuat paket project yang dapat disalin ataupun dibagi ke komputer lain. Publisher memungkinkan distribusi project secara efektif dengan pengaturan yang sangat fleksibel terkait privasi data. Penerima paket project tidak harus memiliki ArcMap untuk dapat melihat project yang telah dibuat, tetapi cukup menggunakan ArcReader yang dapat diperoleh secara gratis. Dengan ekstensi publisher, data dapat didistribusikan dengan memberinya batasan hanya dapat dilihat tanpa dapat diekspor ataupun dikonversi ke format lain. Paket project dari publisher juga dapat dilindungi password sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang dapat membuka project tersebut.

Demikian pembahasan singkat kita mengenai Ekstensi ArcGIS Dari ESRI, baca juga materi ArcGIS lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2018

Harga GPS Garmin 2018 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin luangkanlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online