Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Georeferensi Atau Digitasi Citra Satelit Dengan ArcGIS

Georeferensi Atau Digitasi Citra Satelit Dengan ArcGIS

Georeferensi Atau Digitasi Citra Satelit Dengan ArcGIS – Sebagian besar produk citra satelit sudah di-georeferensi oleh penyedia citra. Sebagai contoh, citra Landsat 7 atau 8 yang sudah diproses hingga tingkat L1T, sudah ter-georeferensi secara otomatis oleh NASA/USGS menggunakan titik kontrol dan data DEM. Namun, untuk beberapa analisis yang menuntut ketelitian geometris yang tinggi, georeferensi citra tetap diperlukan sebagai koreksi geometris.

Contoh data untuk georeferensi citra adalah citra pan-sharpened Landsat 8 dengan AOI Kota Banjarbaru yang dapat di ambil pada akhir pembahasan terletak dengan nama file L8-banjarbaru.tif. Citra tersebut sudah terkoreksi
geometris oleh NASA, namun karena (misalnya) kalian memiliki GPS dengan akurasi yang cukup dan ingin melakukan koreksi geometri lebih lanjut, maka georeferensi terhadap data tersebut tetap dilakukan. Setelah melakukan pengukuran lapangan terhadap titik2 yang dapat diidentifikasi pada citra L8-banjarbaru.tif, diperoleh data koordinat 4 buah titik seperti pada Gambar dibawah.

Gambar Contoh georeferensi citra Landsat 8 menggunakan ground control points

Gambar Contoh georeferensi citra Landsat 8 menggunakan ground control points

Untuk melakukan georeferensi menggunakan ArcMap terhadap citra satelit dapat dilakukan tahapan persiapan seperti pada langkah-langkah berikut.

  1. Buka ArcMap, set proyeksi data frame (layers) ke GCS WGS 1984, sesuai dengan data koordinat referensi (titik kontrol) pada Gambar diatas. Jika titik kontrol yang digunakan adalah dalam UTM, maka proyeksi yang digunakan harus bersesuaian.
  2. Tambahkan data L8-banjarbaru.tif ke dalam TOC. Jika ada pertanyaan untuk membuat pyramid, silakan pilih Yes atau No.
  3. Aktifkan toolbar Georeferencing pada menu Customize > Toolbars > Georeferencing
  4. Posisikan toolbar Georeferencing sesuai dengan keinginan kalian.

Georeferensi sudah siap dilakukan. Perlu di catat bahwa citra yang akan digeoreferensi sudah memiliki sistem koordinat GCS (dari penyedia citra). Di bagian ini kalian akan melakukan koreksi terhadap georeferensi yang sudah dilakukan dengan data lapangan (titik kontrol) yang user anggap lebih akurat sebagai berikut :

Tabel Daftar koordinat untuk georeferensi citra satlelit

Tabel Daftar koordinat untuk georeferensi citra satlelit

Setelah persiapan georeferensi dilakukan, tahapan selanjutnya adalah melakukan georeferensi yang dapat dilakukan seperti pada langkah-langkah berikut :

  1. Pastikan layer target pada toolbar Georeferencing adalah L8-banjarbaru.tif. Untuk project dengan beberapa layer, akan besar kemungkinan salah penentuan layer target.
  2. Zoom di sekitar Titik 1 seperti ditunjukkan oleh Gambar Contoh georeferensi citra Landsat 8 diatas
  3. Klik pada Add Control Point
  4. Klik pada perempatan jalan seperti ditunjukkan oleh gambar
  5. Klik-kanan di mana saja pada Data frame > Input X and Y
  6. Isikan 114.668861 untuk X, -3.405026 untuk Y, yaitu titik koordinat Titik 1 seprti pada Tabel Daftar koordinat diatas
  7. Klik OK untuk konfirmasi
  8. Lakukan langkah 6-7 untuk Titik 2 dengan koordinat yang bersesuaian.

Gambar Memasukan titik GCP dengan satuan koordinat derajat desimal

Gambar Memasukan titik GCP dengan satuan koordinat derajat desimal

Kalian dapat melakukan navigasi menggunakan zoom atau pan selama proses georeferensi. Sesi georeferensi akan kembali aktif ketika kalian kembali menggunakan toolbar Georeferencing.

Contoh titik kontrol 1 dan 2 adalah menggunakan penulisan koordinat decimal degree. Sebagai alternatif, kalian juga dapat menggunakan penulisan koordinat dalam DMS (derajat, menit, detik) seperti pada titik kontrol 3 dan 4
berikut.

Lakukan Langkah 2 – 7 untuk titik kontrol 3 dan 4. Zoom pada lokasi titik 3 dan titik 4 seperti ditunjukkan oleh Gambar Contoh georeferensi citra Landsat 8. Selanjutnya cari fitur serupa seperti pada Gambar Memasukan titik GCP dibawah

  • Untuk Titik 3 dan 4, gunakan Input DMS of Lon and Lat.

Gambar Memasukan titik GCP dengan satuan koordinat degree-minute-second (DMS)

Gambar Memasukan titik GCP dengan satuan koordinat degree-minute-second (DMS)

Untuk georeferensi lebih advance, silakan buka table yang terdapat di toolbar Georeference sehingga muncul display seperti pada Gambar Tabel georeferensi dibawah, dengan penjelasan sebagai berikut :

  1. Link; Titik GCP berurutan sesuai urutan Klik
  2. X Source dan Y Source; Posisi X dan posisi Y sebelum georeferensi
  3. X Map dan Y Map; Posisi X dan posisi Y baru setelah georeferensi
  4. Residual_x dan Residual_y; Error X dan error Y dengan satuan sesuai dengan satuan data frame
  5. Residual; Error gabungan antara error X dan error Y
  6. Transformation; Mode transformasi

Gambar Tabel georeferensi

Gambar Tabel georeferensi

Pada Gambar di atas harus diperhatikan jumlah titik kontrol yang diperlukan dan mode transformasi yang terbaik. Buku ini tidak membahas teori analisis citra sehingga tidak membahas mengenai jumlah titik yang optimal dan mode transformasi yang terbaik untuk berbagai penggunaan.

  • Setelah titik kontrol dimasukan, lakukan georeferensi. Klik menu Georeferencing (pada toolbar Georeference) > Update Georeferencing

Gambar Update georeferensi

Gambar Update georeferensi

File Latihan Dapat diambil disini
Latihan ArcGIS
Sekian dulu pembahasan panjang kita mengenai Georeferensi Atau Digitasi Citra Satelit Dengan ArcGIS, semoga dapat bermanfaat dan ikuti terus pembahsan ArcGIS lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online