Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Membuat File Layer ArcGIS

Membuat File Layer ArcGIS

Layer file adalah file yang menyimpan properties dari data spasial seperti lokasi (path), atribut, symbology, dan sebagainya. Layer file tidak berisi data, melainkan hanya menyimpan properti data dan cara data tersebut ditampilkan. Jika satu layer file dibuka, maka yang data yang ditampilkan adalah data spasial yang
dirujuk oleh layer file tersebut.

Sebagai contoh jika kalian mendownload file latihan yang ada dibawah, terdapat shapefile jalan.shp dan layer file Jalan.lyr. Data spasial yang berisi informasi spasial dan atribut adalah jalan.shp, sedangkan cara bagaimana jalan.shp ditampilkan disimpan pada Jalan.lyr. Tanpa shapefile jalan.shp, layer file Jalan.lyr tidak dapat dibuka.

Gambar Tampilan shapefile dan layer file

Gambar Tampilan shapefile dan layer file

Layer file dari suatu data spasial dapat dilakukan pada ArcCatalog. Untuk membuat layer file dari data spasial, sebagai contoh layer file dari banjarbaru.shp, bisa dilakukan langkah-langkah berikut

  1. Klik kanan pada kecamatan.shp
  2. Pilih Create layer
  3. Isikan nama layer kecamatan.lyr, Klik Save.
  4. File kecamatan.lyr tampil di Catalog tree

Gambar Membuat layer file dari shapefile

Gambar Membuat layer file dari shapefile

Pembuatan layer file seperti pada langkah sebelumnya masih belum selesai karena masih perlu pengaturan lebih lanjut. Seperti symbology, label, dan sebagainya. Untuk melakukan pengaturan lebih lanjut terhadap layer yang telah dibuat dapat dilakukan seperti pada langkah-langkah berikut.

  1. Klik-ganda pada kecamatan.lyr untuk mengakses layer properties
  2. Pilih tab symbology dan atur symbology untuk menampilkan warna berbedabeda untuk setiap kecamatan.
  3. Pilih tab Labels untuk mengatur pelabelan dari layer kecamatan.lyr
  4. Jika pengaturan sudah selesai, Klik OK untuk konfirmasi

Gambar Mengatur properties dari layer file

Gambar Mengatur properties dari layer file

Layer file sangat berguna untuk menyimpan properti dan tampilan data sesuai keinginan user. Satu data spasial, misalnya shapefile, dapat memiliki beberapa layer file sesuai dengan kebutuhan. Jika layer file ditambahkan kepada ArcMap maka akan tampil seperti saat properti layer tersebut ditetapkan.

File Latihan Dapat diambil disini
Latihan ArcGIS

Sekian pembahasan kita mengenai Membuat File Layer ArcGIS, baca ilmu ArcGIS menarik lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online