Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Mengaktifkan Dan Menambah Ekstensi Di ArcGIS

Mengaktifkan Dan Menambah Ekstensi Di ArcGIS

Ekstensi yang sudah terpasang pada ArcGIS Desktop dapat diaktifkan ataupun di-non-aktifkan oleh user. Seringkali user ArcGIS Desktop tidak dapat menjalankan tool-tool tertentu karena tool tersebut berhubungan dengan ekstensi yang tidak aktif.

Mengaktifkan ekstensi pada ArcGIS

Untuk mengaktifkan / me-non-aktifkan ekstensi pada ArcGIS Desktop (ArcMap) dapat dilakukan dengan cara berikut.

  1. Klik pada menu Costumize
  2. Pilih Extensions
  3. Aktifkan tanda centang pada ekstensi yang ingin diaktifkan, atau
  4. Matikan tanda centang pada ekstensi yang ingin di-non-aktifkan

Gambar Mengaktifkan ekstensi pada ArcMap

Gambar Mengaktifkan ekstensi pada ArcMap

Menambah ekstensi ke ArcGIS Desktop

Ekstensi dapat ditambahkan ke dalam ArcGIS dengan beberapa metode, yaitu melalui instalasi, ArcToolbox maupun file library (DLL). Pilihan penambahan ekstensi tersebut sangat tergantung kepada pembuat (developer) ekstensi masingmasing dengan memperhatikan kapabilitas, kompleksitas dan dependensi dari ekstensi.

Ekstensi yang besar dengan jumlah tool yang sangat banyak memerlukan proses instalasi, sedangkan ekstensi yang sederhana dapat ditambahkan dengan file library DLL saja. Beberapa ekstensi yang dibuat opensource seringkali hanya berupa script dan disematkan pada ArcToolbox.

Cara Menambah ekstensi melalui proses install

Bagian ini menyajikan ilustrasi bagaimana melakukan instalasi ekstensi di ArcGIS dengan contoh ekstensi ArcHydro. Ekstensi tersebut adalah salah satu ekstensi ArcGIS Desktop yang tidak dijadikan installer default bersama-sama dengan ArcGIS Desktop. Proses instalasi mirip dengan instalasi software biasa.

Namun ekstensi ini tidak menghasilkan software baru dengan shortcut baru, melainkan menambahkan kapabilitas tambahan bagi ArcGIS Desktop. Instalasi ArcHydro dapat dilakukan dengan langkah berikut.

  1. Download installer ArcHydro di website ESRI dengan alamat web http://downloads.esri.com/archydro/archydro/Setup/ yang terdiri. Terdapat installer untuk beberapa versi ArcGIS Desktop. Pilih versi installer yang bersesuaian.
  2. Jalankan installer; Software ArcGIS Desktop (ArcMap, ArcCatalog, ArcScene atau ArcGlobe) sebaiknya tidak sedang aktif.
  3. Jika ada pesan Security Warning pilih Run. Hal ini sangat tergantung pengaturan keamanan OS Windows masing-masing.
  4. Lanjutkan proses instalasi seperti instalasi software lainnya. Pilihan next, I accept, next, install, akan muncul dan harus dipilih.
  5. Setelah instalasi selesai, buka ArcMap
  6. ArcHydro bisa diaktifkan di ArcMap dengan mengaktifkan toolbar ArcHydro

Gambar File installer ekstensi Archydro di server ESRI

Gambar File installer ekstensi Archydro di server ESRI

Gambar Toolbar ArcHydro sudah aktif di ArcMap

Gambar Toolbar ArcHydro sudah aktif di ArcMap

Proses instalasi menghasilkan file-file binary yang dapat dieksekusi yang disimpan di dalam folder Program Files. File installer yang di-download dapat dijadikan arsip setelah proses instal dan hanya diperlukan jika kalian akan
melakukan instalasi ulang.

Menambah ekstensi melalui ArcToolbox

Beberapa ekstensi menggunakan ArcToolbox untuk diintegrasikan ke dalam ArcGIS Desktop. Sebagai contoh adalah ekstensi Landscape Fragmentation Tool (LFT) yang dapat dilakukan sebagai berikut.

  1. Download LFT versi 2.0 pada website CLEAR (Center for Land Use Education and Research) http://clear.uconn.edu/tools/download.asp Untuk men-download, kalian harus mengisikan data diri, organisasi, dan tool yang diperlukan.
  2. Ekstrak file yang di-download ke folder mana saja. Jika menggunakan file yang disertakan penulis, salin folder Landscape_Fragmentation_SA ke ke folder mana saja yang dapat diakses oleh software ArcGIS Desktop. Sebaiknya simpan di HardDisk C:
  3. Buka ArcMap dan tampilkan box ArcToolbox
  4. Klik kanan pada ArcToolbox > Add Toolbox
  5. Arahkan ke folder seperti pada Langkah 2 ataupun folder C:\x1data\software\Landscape_Fragmentation_SA
  6. Pilih toolbox untuk ArcGIS 10 sesuai dengan versi ArcGIS Desktop yang digunakan
  7. Klik Open
  8. Sebuah toolbox tambahan dari LFT akan tampil pada ArcToolbox

Gambar Tempat download LFT

Gambar Tempat download LFT

Gambar Menambahkan ekstensi melalui ArcToolbox

Gambar Menambahkan ekstensi melalui ArcToolbox

Sekian dulu pembahasan kita mengenai Mengaktifkan Dan Menambah Ekstensi Di ArcGIS, ikuti terus pembahasan dan pembaharuan mengenai ArcGIS di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2018

Harga GPS Garmin 2018 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin luangkanlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online