Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Mengenal ArcScene dan ArcGlobe

Mengenal ArcScene dan ArcGlobe

ArcGIS Desktop memiliki dua software yang dapat digunakan untuk visualisasi data 3D, yaitu ArcScene dan ArcGlobe. Kedua software tersebut memiliki kemiripan fungsi meskipun terdapat beberapa perbedaan yang signifikan.

ArcScene adalah berfungsi untuk visualisasi 3D, yaitu menyajikan tampilan yang perspektif, bernavigasi dan berinteraksi dengan data fitur 3D dan raster. Software ini biasa digunakan untuk cakupan lokal atau tidak terlalu luas, misalnya untuk visualisasi sebuah kota kecil, kawasan hutan, bendungan, dan sebagainya.

Gambar Tampilan software ArcScene

Gambar Tampilan software ArcScene

ArcGlobe adalah bagian dari ArcGIS Desktop yang ditujukan untuk eksplorasi data spasial secara virtual dengan ukuran dan cakupan data yang besar. Jika ArcScene menampilkan data spasial secara lokal, maka ArcGlobe menampilkan data spasial dalam perspektif global. ArcGlobe serupa dengan software Google Earth dari Google atau World Wind dari NASA.

Gambar Tampilan software ArcGlobe

Gambar Tampilan software ArcGlobe

Meskipun memiliki fungsi yang mirip dengan ArcScene, ArcGlobe memiliki perbedaan dibandingkan dengan ArcScene. Beberapa perbedaan antara ArcScene dan ArcGlobe adalah sebagai berikut.

  • Skala penggunaan ArcScene adalah skala lokal dengan cakupan yang terbatas, sedangkan ArcGlobe ditujukan pada skala global.
  • ArcScene memproyeksikan semua data sesuai dengan project yang biasanya adalah berupa proyeksi planar sedangkan ArcGlobe memproyeksikan data ke permukaan global.
  • ArcScene menggunakan memori komputer dan paging file sehingga tidak dapat digunakan untuk penggunaan dataset yang sangat besar, sedangkan ArcGlobe menggunakan cache dan beberapa tingkat kedetailan data. Oleh karena itu ArcGlobe dapat menangani dataset yang sangat besar dengan beban yang sedikit.
  • ArcGlobe memiliki kinerja menampilkan data spasial yang baik, sedangkan ArcScene memiliki kapabilitas analisis dan visualisasi yang lebih baik.

Sekian dulu pembahasan mengenai ArcScene dan ArcGlobe, baca artikel bermanfaat lainnya di www.majalahbatu.com ya teman. Terima kasih

 

 

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online