Home / Earth Science / Sejarah Bumi / Alat-Alat Manusia Purba Pada Zaman Batu

Alat-Alat Manusia Purba Pada Zaman Batu

Alat-alat manusia purba pada zaman batu merupakan sarana manusia purba agar dapat bertahan hidup pada masanya. Alat-alat tersebut terdiri dari kapak, alat pengupas makanan, alat penggiling dari batu, menhir dan lain-lain. Apa saja alat-alat pada zaman batu tersebut? mari simak ulasan dibawah ini.

1. Kapak Genggam

Kapak Genggam Alat-Alat Manusia Purba

Alat purba ini banyak ditemukan di daerah Jawa Timur, Pacitan. Alat ini tidak memiliki gagang dan cara penggunaannya hanya digengam. Terbuat dari batu dan salah satu sisi dari batu tersebut diasah menjadi tajam, sedangkan sisi yang lainnya digunakan untuk tempat genggaman. Biasanya digunakan sebagai alat untuk memotong dan menguliti hewan serta sebagai alat untuk menggali tanah ketika mencari umbi-umbian.

2. Kapak Perimbas

Kapak Perimbas Alat-Alat Manusia Purba

Kapak ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada kapak umumnya. Digunakan sebagai senjata, merimbas kayu dan juga untuk memahat, lagi-lagi alat ini banyak ditemukan didaerah Pacitan, Jawa Timur, sehingga disebut juga sebagai alat peninggalan kebudayaan Pacitan.

Baca Juga :  Bagaimanakah Kehidupan Manusia Purba ?

3. Flakes

Flakes Alat-Alat Manusia Purba

Flakes bisa dikatakan juga sebagai pisau zamannya orang batu, yang terbuat dari batu Chalcedon yang beguna untuk mengupas makanan dan sebagai ujung dari alat berburu binatang serta mengumpulkan umbi-umbian.

Baca Juga :  Manusia Purba Pithecanthropus Erectus

4. Peralatan dari tanduk rusa dan tulang binatang

Tulang dan Tanduk Rusa Alat-Alat Manusia Purba

Manusia zaman batu sudah mengerti kegunaan dari tulang berulang, hal ini ditunjukkan oleh ditemukannya alat-alat dari tulang berulang yang sebagian digunakan sebagai alat penusuk atau belati, mata ujung tombak dan mata panah yang berguna untuk berburu dan menangkap ikan.

Baca Juga :  Mengapa Manusia Purba Membuat Peralatan Dari Bebatuan Kayu dan Tulang

5. Menhir

Menhir Alat-Alat Manusia Purba

Menhir merupakan bangunan yang digunakan untuk melakukan pemujaan terhadap roh-roh nenek moyang, terbuat dari batu dan dibentuk tunggal maupun berkelompok seperti undak-undak.

Baca Juga :  Motif Unik Batu Telor Kodok Dari Sungai Klawing Purbalingga

6. Punden Berundak-undak

Sama seperti Menhir Punden juga dibuat dengan maksud sebagai tempat pemujaan roh-roh nenek moyang pada zaman itu.

7. Dolmen

Dolmen Alat-Alat Manusia Purba

Dolmen adalah meja yang berguna untuk meletakkan sesaji sebagai pemujaan kepada roh nenek moyang. Dibagian bawah digunakan untuk meletakkan orang yang sudah meninggal dengan maksud agar tidak dimakan oleh binatang-binatang liar.

8. Pebble

Pebble merupakan kapak genggam yang berasal dari pulau Sumatera, tidak berbeda dengan kapak-kapak yang berada diatas, kapak ini juga digunakan sebagai alat untuk memotong. Ditemukan apda tahun 1925 oleh Dr. P.V. Van Stein Callenfels saat melakukan penelitian di bukit kerang.

Baca Juga :  Jenis Jenis Manusia Purba

9. Hachecour (Kapak Pendek)

Dr. P.V. Van Stein Callenfels yang meneliti di bukit kerang juga menemukan kapak ini pada tahun 1925 dan diberi nama Hachecour. Berbentuk setengah lingkaran dan berukuran lebih pendek.

Demikian pembahasan kita mengenai Alat-Alat Manusia Purba Pada Zaman Batu, baca artikel lainnya tentang Wisata Goa Jati Jajar Kebumen di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

3 comments

  1. izin copas ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online