Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Cara Menambahkan Lokasi di Google Map

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map

Berikut ini cara menambahkan lokasi di google map dengan cara yang komplit dan lebih tahan lama. Fitur Google Maps yang baru membuat pencarian peta dan lokasi lebih mudah dari sebelumnya, dan dengan pengaturan berbagi Google Plus, kalian memiliki kontrol penuh atas siapa saja yang boleh melihat peta, siapa saja yang menambahkan lokasi ke peta, atau jika kalian suka, kalian dapat menyimpan peta yang telah kalian buat secara pribadi.

Setelah menjalankan Google Maps, klik pada ikon pengaturan dan klik “My Place”.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map

Pilihan itu akan membuka sidebar yang dapat menambahkan lokasi ke peta. Agar dapat membuat peta dengan beberapa layer, kalian perlu mengklik pada “Get advanced features with Maps Engine Lite”. Pilihan ini akan membuka jendela baru dengan peta baru.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map 2

Dengan fitur Google Maps terbaru, kalian dapat menambahkan lokasi dengan mencarinya terlebih dahulu di peta, kalian juga dapat mengimport data dari file CSV, mengatur lokasi layer secara kelompok.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map 3

Klik pada tombol New Map yang akan membuka peta di mana kalian dapat membuat layer, mencari lokasi, dan lainnya. Beri judul layer yang telah dibuat, kalian juga dapat mengedit nama layer setelahnya.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map 4

Menambahkan Lokasi di Peta Anda

Setelah kalian memberi nama peta kalian dan layers kalian, cara menambahkan lokasi di google map terlebih dahulu kalian harus mencari lokasi untuk dapat menambahkan lokasi tersebut ke layer kalian. Jika kalian menemukan lokasi yang ingin kalian tambahkan, kalian dapat melihat tampilan detail dari Google Maps (lokasi, nomor telepon, website dll) dan kalian dapat menambahkanya ke layer dengan cara tambahkan ke peta “Add to map”

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map 5

Ketika kalian menambahkan lebih dari 1 layers, pastikan kalian berada di layer dimana lokasi tersebut ingin tersimpan. Selain cara menambahkan lokasi secara manual, kalian juga dapat mengimport lokasi yang telah kalian miliki sebelumnya dalam format CSV atau XLSX, atau kalian dapat mengimport dari Spreadsheet Google Drive.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map 6

Terus, bagaimana format didalam CSV dan XLSX? kalian hanya perlu menambahkan alamat dan lokasi (koordinat) yang sudah kalian miliki dalam bentuk tabel, jika belum memilikinya. Ketikan kalian mengimport lokasi, Google Maps akan bertanya kepada kalian untuk menentukan kolom mana yang terdapat alamat. Lewati tahap ini dan lakukan secara manual.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map 7

Dan ketika sudah mengklik continue, akan muncul lagi pertanyaan untuk menentukan lokasi dari nama tersebut.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map 8

Ketika kalian mengimpor spreadsheet, kalian harus mengaktifkan pop up untuk pertama kali yang berguna untuk menghubungkan Google Maps untuk Google Drive kalian.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map 9

Selain menambahkan lokasi dan kostum pin, kalian juga dapat menambahkan garis ke peta kalian juga.

Kostum Tampilan Peta Google Maps

Kalian juga dapat mengkostum tapilan peta kalian dengan merubah ikon dan ping warna yang ada dipeta kalian.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map 10

Tampilan awal yang dapat kalian pilih hanyalah pins secara umum seperti bulat, kotak, diamon dan bintang. Klik pada “More Icons” untuk membuka banyak pilihan pins lainnya.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map 11

Sebagai pilihan untuk mengkostum peta kalian, kalian juga bisa merubah tampilan peta seluruhan berdasarkan 9 tema yang kalian pilih dengan cara mengklik “Base Map”

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map 12

Membagi / Sharing Google Maps

Setelah kalian selesai membuat peta kalian, ada banyak cara untuk membagikannya. Kalian dapat membiarkan peta tersebut secara private jika hanya untuk penggunaan secara pribadi. Secara default, peta yang kalian buat tersimpan secara privat. Kalian juga dapat memilih untuk membagikannya/share hanya kepada 1 orang pengguna google dan membagikannya secara publik. Klik tombol warna hijau “Share” di sudut kanan peta.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map 13

Ketika kalian mengklik tombol “Share”, kalian dapat mengakses settingan ke berbagai dokumen Google, kalian dapat membuat peta tersimpan secara publik, atau hanya kepada 1 orang saja, atau hanya kepada pengguna google yang kalian undang untuk melihat map tersebut.

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map 14

Kegunaan Menambah Lokasi di Google Maps

  • Kalian dapat membagikan tempat-tempat dan tips wisata yang ingin kalian kunjungi
  • Kalian dapat menggunakan Google Maps untuk membuat peta gabungan, sehingga mudah bagi teman-teman untuk mengatur perjalanan liburan, dengan memilih lokasi dan melakukan perencana untuk mengunjungi lokasi tersebut.
  • Kalian juga dapat menggunakannya untuk tujuan pendidikan – Guru dapat membuat peta dan membagikannya dengan siswa

Sekian dulu pembahasan kita mengenai cara menambahkan lokasi di google map, baca juga artikel lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online