Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Cara Mencari Titik Koordinat di Google Map

Cara Mencari Titik Koordinat di Google Map

Cara mencari titik koordinat di google map sebenarnya sangatlah mudah. Saat ini, tidak bisa kita elakkan bahwa semua sistem sudah terintegrasi secara online. Dengan bantuan online pun kita dapat dengan mudah untuk menentukan dan mencari suatu lokasi. Salah satu perangkat yang kita bahas kali ini untuk mencari koordiant adalah google maps. Bagaimana caranya? ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Pernahkah kalian memasukkan alamat ke dalam sistem navigasi GPS, kemudian dilaporkan kalau alamat yang kalian cari itu tidak dapat ditemukan? Jika kalian tidak memperbarui GPS kalian sering-sering, jalan-jalan baru dan alamat yang berubah mungkin tidak disertakan. melakukan upgrade pasti mengeluarkan biaya atau kuota yang cukup banyak, jadi kalian dapat menggunakan trik Google Maps untuk menemukan koordinat GPS dari alamat tersebut dan menggunakannya sebagai tujuan kalian sebagai gantinya. Lihat Langkah 1 di bawah ini untuk belajar bagaimana cara mencari titik koordinat di google map.

1. Cari alamat di Google Maps. Buka situs Google Maps dan masukkan rincian alamat di kotak pencarian. peta akan terpusat pada alamat yang kalian masukkan.

Cara Mencari Titik Koordinat di Google Map

2. Klik kanan pada lokasi. Dengan menggunakan mouse, klik kanan pada alamat pin penanda. Sebuah menu akan muncul dengan beberapa opsi pilihan.

Cara Mencari Titik Koordinat di Google Map 2

3. Pilih “What’s here?” Sebuah daftar bisnis di dekatnya akan terdaftar di frame kiri. Koordinat akan ditampilkan dalam kotak pencarian di bagian atas halaman.

Cara Mencari Titik Koordinat di Google Map 3

4. Salin koordinat. Kalian dapat menyalin koordinat dari kotak pencarian dan memasukkanmya ke dalam sistem navigasi GPS.

Cara Mencari Titik Koordinat di Google Map 4

5. Cari koordinat menggunakan New Google Maps Preview. Klik tempat di peta. Dengan mengklik setiap tempat pada peta akan menunjukkan koordinat kotak yang muncul di bawah bar pencarian. Kalian perlu mengklik dua kali jika kalian telah memilih tempat sebelumnya, klik pertama akan membatalkan tempat itu, dan klik kedua akan memuat koordinat baru.

Cara Mencari Titik Koordinat di Google Map 5

  • Mengklik pada lokasi yang ditandai tidak akan menampilkan koordinat. Sebaliknya ia akan menampilkan informasi tentang bisnis atau lokasi yang kalian pilih. Untuk menemukan koordinat, kalian perlu untuk membatalkan pilihan dan klik dekat itu.
  • Jika kalian ingin kembali ke Google Maps klasik, klik “?” Di sudut kanan bawah jendela dan pilih “Kembali ke Classic Google Maps”.

Sekian pembahasan singkat mengenai cara mencari titik koordinat di google map, baca artikel menarik lainnya ya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online