Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2

Cara menggunakan agisoft photoscan sudah pernah dibahas dibagian pertama Cara Menggunakan Agisoft Photoscan, nah kali ini admin akan melanjutkan bagaimana prosesan data hingga mendapatkan titik koordinat jika kalian bukan merekam video tidak di lengkapi fitur geo location, atau point of interest.

Langkah 4 : Melakukan Georeferencing Model

Pertama, perlu dijelaskan, mengapa prosedur yang rumit seperti ini perlu dijalankan. Jika kalian hanya memiliki video untuk membuat 3D, dan direkam tanpa menggunakan logging GPS, maka kalian tidak punya pilihan lain. Jika kalian memiliki drone yang mendukung GPS logging untuk gambar yang dibuat selama penerbangan, maka kalian dapat membuat model yang georeferensi, menggunakan data EXIF, kita akan membahasnya di tutorial lain.

Ini adalah bagian yang rumit, karena kalian akan menemukan beberapa kendala teknis yang akan kalian hadapi. Detail yang paling penting di sini adalah untuk menghitung ketinggian WGS84 dan letak lokasinya. Hal ini diperlukan untuk membuat perbandingan tepat antara objek dan SRTM / DEM (digital elevation model) kalian dapat menggunakan Sputnik dan Google Earth. kalian perlu menentukan nilai ketinggian, dengan menggunakan Google Earth atau Google Maps (ketinggian di atas permukaan laut).

Jika kalian menggunakan sampel dataset diatas, kalian dapat menemukan objek di sini.

Untuk memproses georeference model kalian memerlukan setidaknya 3 poin dengan koordinat WGS84 dan data ketinggiannya, dikoreksi dengan EGM96 geoid. Pertama, beralih ke tab Reference dan pilih Settings:

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2

Jika kalian belum melakukan georeferensi model apapun, dengan menggunakan metode ini, kalian harus memilih More… Option di Coordinate System combo box:

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2 (2)

Berikutnya, ketik WGS 84 di Filter textbox dan pilih WGS84 (EPSG :: 4326) option:

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2 (3)

Sekarang kalian perlu membuat tiga atau lebih titik marker. Pilih Tiled Model yang ada di toolbar untuk beralih ke mode Tiled Model. Dengan menggunakan Trackball tool, yang terletak di tengah-tengah objek, untuk memutar objek sampai kalian melihatnya dari posisi teratas. Pilih lokasi di tanah di sekitar objek kalian untuk menentukan / menempatkan titik mark/penanda koordinat, lokasi harus jelas terlihat. Dengan mengklik tombol kanan mouse di lokasi yang dipilih, pilih opsi Create Marker:

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2 (4)

Setelah kalian telah membuat marker, kalian perlu untuk mendapatkan koordinat titik lintang, bujur dan ketinggian. Kalian dapat menggunakan Sputnik GIS (cara mudah) atau mendapatkannya dari Google Earth atau Google Maps based service, seperti Elevation Finder.

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2 (5)

Metode pertama cara menggunakan agisoft photoscan: Instal Sputnik GIS, model Advance 3D viewer, kompatibel dengan format data Agisoft PhotoScan. Kalian dapat men-download di sini. Buka Sputnik GIS, beralih ke Bing citra / Maps untuk menemukan objek kalian secara manual atau dengan memasukkan alamat. Kemudian zoom kursor ke lokasi, pilih lokasi penanda untuk mendapatkan koordinat serta ketinggian, yang merupakan ketinggian WGS84, terletak di bagian bawah Sputnik jendela GIS. Kemudian kalian perlu mentransfer nilai-nilai ini ke PhotoScan marker (tab Referensi):

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2 (6)

Cara lain cara menggunakan agisoft photoscan adalah dengan membuka situs Elevation Finder, beralih ke citra satelit untuk menemukan objek kalian secara manual atau dengan memasukkan alamat. Tempatkan titik ke lokasi, mirip dengan lokasi penanda kalian. Copy Latitude (koordinat pertama value) ke Latitude penanda di Agisoft Photoscan (tab Referensi) dan kemudian mengulanginya untuk Bujur.

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2 (7)

Salin dan simpan nilai string Lokasi dan nilai ketinggian notepad atau aplikasi pencatat lainnya. Sekarang saatnya untuk memperbaiki ketinggian untuk mencocokkan permukaan SRTM untuk Sputnik GIS dan Google Earth. Buka GeoidEval dan paste lokasi yang telah disalin, pilih Submit. Kalian akan mendapatkan EGM96 geoid koreksi ketinggian untuk ketinggian kalian. Kalian harus menghitung koreksi nilai ketinggian dengan menggunakan rumus: Ketinggian di atas permukaan laut + tinggi geoid = WGS84 Altitude. Misalnya, titik 1 penanda perhitungan WGS84 ketinggian terlihat seperti: 810,137 m + (-44 m) = 766,137 m

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2 (8)

Masukkan ketinggian WGS84 ke Altitude (tab Referensi):

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2 (9)

Ulangi tahap untuk semua titik yang sudah anda tandai, semakin banyak titik, data anda semakin akurat

Setelah kalian memasukkan semua koordinat, tekan Update untuk menyelesaikan tahap georeferencing.

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2 (10)

Terakhir kalian dapat mengexport Tiled model. Pilih File — Export Tiled Model

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2 (11)

Tentukan lokasi penyimpanan data beserta formatnya Agisoft Tiled Model (.tls).

Langkah 5 Cara Menggunakan Agisoft Photoscan : Melihat Model Menggunakan Sputnik GIS

Setelah tahap export cara menggunakan agisoft photoscan selesai, jika kalian belum menginstall Sputnik GIS, kalian harus menginstallnya terlebih dahulu. Setelah itu jalankan Sputnik GIS pilih Document – Open dan pilih tiled model kalian export tadi.

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2 (12)

Setalah model terload secara sempurna, kalian dapat mengukur ketinggian dan jarak menggunakan Ruler dan Corner Ruler tools.

Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2 (13)

Ok, inilah akhir dari perjalanan panjang kita mengenai Cara Menggunakan Agisoft Photoscan Bagian 2, baca pembahasan menarik lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

One comment

  1. pak itu cara untuk melihat modelnya pake sputnik gis gimana yah ? soalnya pas saya masukkan yg format .tls objeknya gak ada/gak muncul pak. sy mau mengukur ketinggian padi pak. mohon bantuannya pak. makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online