Home / Ilmu Peta / Peta / Cara Menghitung Skala Peta

Cara Menghitung Skala Peta

Sebelum kita belajar bagaimana cara menghitung skala peta, ada baiknya dulu kita mengetahui apa itu skala, dan bagaimana aplikasinya didalam peta. Menurut ilmu yang saya pelajari, skala adalah perbandingan jarak unsur tertentu dengan unsur realitas yang ingin kita ketahui. Skala tidak semata – mata harus angka, bisa juga skala tersebut berbentuk lain. Misalnya,”Saya 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan kamu”. Secara tidak langsung, itu adalah sebuah skala, yang disebut dengan “Skala Perbandingan”. Ada banyak sekali skala menurut definisinya, akan tetapi kali ini kita akan fokus kepada skala peta.

Apa Itu Skala Peta

Skala peta adalah unsur yang terdapat didalam peta dan terdapat cara tersendiri untuk membaca besarnya nilai dari skala tersebut. Secara singkatnya, skala peta adalah rasio angka dengan perbandingan jarak peta dengan jarak yang sebenarnya. Nilai kedua titik tersebut harus memiliki satuan yang sama, misalnya pada peta skala 1:500.000 artinya jarak 1 cm pada peta sama dengan jarak 500.000 cm di lapangan secara jarak horizontal.

Rumus Menghitung Skala Peta

Terdapat cara tersendiri untuk menentukan atau menghitung besaran skala dari suatu peta, yaitu :

Rumus Mencari Skala

Skala= Jarak pada peta : Jarak Sebenarnya
Jarak Sebenarnya= Jarak pada peta X Skala
Jarak Pada Peta = Jarak sebenarnya/skala

Note : Cara diatas dapat bekerja jika skala di peta dalam berbentuk angka yang belum mengalami perubahan ukuran perbesaran maupun pengecilan ukuran peta.

Adapun cara lain untuk menghitung skala pada peta yaitu dengan cara membaca interval garis kontur pada peta topografi (pembahasan mengenai peta topografi dan interval kontur akan dibahas di artikel selanjutnya). Rumus yang digunakan untuk menghitung skala peta topografi adalah sebagai berikut.

gif

Contoh :
Kontur peta pada sebuah peta topografi memiliki interval kontur 35 meter.

Pembahasan:

Rumus perhitungan skala peta topografi

Jadi skala peta tersebut adalah 1 : 70.000

3 Jenis skala peta

Berdasarkan pengertiannya dan cara menghitung skala peta terbagi menjadi 3 jenis, yaitu skala angka, skala garis dan skala verbal. Apa saja pengenrtian dari 3 jenis skala tersebut? simak pembahasan dibawah ini.

Skala Angka
Skala angka adalah skala yang menunjukkan perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya dilapangan berdasarkan angka.

Contohnya.

1 : 5.000. 1 cm dipeta sama dengan 5.000 cm dilapangan

Skala Garis/Grafis
Skala garis/grafis adalah skala peta yang ditunjukkan dengan garis lurus yang terbagi menjadi beberapa ruas, dan biasanya satuan dari skala pada peta dan dilapangan memiliki satuan yang berbeda.

Contohnya.
Skala yang tampil dibawah menunjukkan satu bagian garis yang mewakili 5 km, jadi 1 cm pada peta sama dengan 5 km dilapangan.

contoh soal skala grafis

Skala Verbal
Skala verbal adalah skala yang dinyatakan dengan kalimat. Jenis skala ini biasanya tidak menggunakan satuan pengukuran matrik dan terdapat pada peta-peta di Inggris.

contohnya.
1 cm to 1 mile, artinya 1 cm pada peta sama dengan 1 mile dilapangan.

Jenis Peta Berdasarkan Skala
Peta Kadaster, peta yang berskala besar dengan skala 1:100-1:5000
Peta Skala Besar, peta yang berskala 1:5000 – 1:250.000
Peta Skala Menengah, peta yang berskala 1:250.000 – 1:500.000
Peta Skala Kecil, peta yang berskala 1:500.000 – 1:1.000.000
Peta Geografi, peta yang berskala >1:1.000.000

Demikian pembahasan kita mengenai cara menghitung skala peta, baca juga informasi menarik dan berwawasan lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online