Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Cara Membaca Titik Koordinat GPS

Cara Membaca Titik Koordinat GPS

Titik koordinat gps saat ini semakin tenar, hal ini disebabkan karena hampir semua aktivitas dapat kita lakukan dengan android, terlebih lagi untuk membagi lokasi kita kepada teman-teman. Sekarang jika bertanya kepada teman, tidak tanya tempat lagi, melainkan bertanya “eh, dimana posisi koordinat lu sekarang? Share posisi lu dong”. Kemajuan teknologi juga dirasakan oleh pengusaha Gojek, ojek online ini memanfaatkan sistem koordinat GPS terintergrasi yang ada di android. Tapi apakah sebenarnya sistem koordinat tersebut? dan bagaimana koordinat-koordinat itu dapat terbentuk? Simak penjelasan saya dibawah ini.

Koordinat dibagi menjadi 2 garis besar yang membentuk X dan Y, yaitu Longtitude dan Latitude. Jadi apakah longtitude dan latitude tersebut? keduanya itu adalah sistem koordinat bumi untuk menentukan suatu lokasi atau tempat dipermukaan bumi. Jadi, longtitude lan latitude adalah perpotongan garis antara x dan y berdasarkan sistem derajat, menit dan detik.

Latitude atau garis lintang merupakan garis yang berada disebelah utara maupun selatan ekuador (titik pusat 0 derajat khatulistiwa) sampai 90 derajat disebelah kutub utara maupun selatan (LU dan LS).

Sedangkan longtitude adalah garis bujur dengan maksimal angka 180 derajat yang dibagi menjadi wilayah barat dan timur (BB dan BT) bujur barat dan bujur timur.

Perpotongan kedua garis tersebut lah untuk menentukan lokasi kalian di hp android dengan sistem GPS. Contohnya :

6°12’46” LS,
Dibaca : 6 derajat 12 menit 46 detik Lintang Selatan

106°50’26” BT,
Dibaca : 106 derajat 50 menit 26 detik Bujur Timur

Kedua titik diatas adalah titik pusat Administrasi Jakarta dengan sistem derajat menit detik. Ada juga sistem lainnya yang digunakan oleh Gojek, yaitu Derajat saja, tetapi menambahkan tanda minus (-) untuk Lintang selatan. Contoh

Cara Membaca Titik Koordinat GPS

Gambar di samping menunjukkan koordinat Picup :

-6.1660918 dan 106.7994021

Koordinat diatas memakai sistem derajat saja, jadi cara pembacaannya adalah

Minus 6.1660918 Derajat (Tanda minus diawal menunjukkan dia LS)

dan 106.7994021  Derajat

Begitu juga dengan titik koordinat GPS selesainya.

 

 

Banyak yang belum paham tentang membaca titik koordinat GPS ini, setelah kalian membaca artikel ini, diharapkan ilmu yang kalian milik pun bertambah. Sekian artikel tentang Cara Membaca Titik Koordinat GPS, baca artikel menarik lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

letak-astronomis-benua-antartika

Letak Astronomis Benua Antartika

Letak astronomis benua Antartika ini yaitu 66,5 LS – 90 LS, dan terletak pada lingkar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online