Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia

Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia

Daftar sungai terpanjang di Indonesia tersebar diseluruh pulau di Indonesia, ada yang terdapat di Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Jawa dan Papua. Daftar sungai panjang di Indonesia sangat beragam, ada yang memiliki panjang 1000 kilometer hingga hanya 350 kilometer saja. Kebanyakan sungai-sungai tersebut digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang sangat berguna untuk listrik negara dan penduduk sekitar sungai tersebut. Berikut ini beberapa daftar sungai terpanjang yang ada di Indonesia.

1. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat

Sungai kapuas memiliki panjang 1.143 kilometer dengan lebar mencapai 400-700 meter. Sungai kapuas membelah Pontianak menjadi 3 bagian, yaitu Barat – Selatan, Timur dan Utara. Untuk dapat menjangkau ketiga daerah tersebut, terdapat sarana jembatan yang menjadikannya sebagai sarana utama untuk mengakses daerah-daerah tersebut. Sungai kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia yang pertama dan di Kalimantan.

2. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur

Sungai ini memiliki panjang 920 kilometer yang merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Kalimantan dengan lebar mencapai 300-500 meter. Ujung dari Sungai Mahakam ini berada di Selat Makassar.

3. Sungai Barito, Kalimantan Tengah – Kalimantan Selatan

Sungai ini memiliki panjang 909 kilometer yang juga merupakan sungai ketiga terbesar di Propinsi Kalimantan dengan lebar sungai mencapai 650-800 meter dan kedalaman rata-rata 8 meter. Bagian hulu dari sungai ini terleta di Pegunungan Muler dan bermuara di Laut Jawa.

4. Sungai Batanghari, Sumatera Barat

Sungai terpanjang di Indonesia yang keempat adalah Sungai Batanghari. Sungai ini memiliki panjang 800 kilometer yang merupakan sungai terpanjang si Sumatera dengan lebar sungai mencapai 200-600 meter. Ssitem aliran dari Sungai Batanghari membawa banyak deposit emas sehingga banyak dimanfaatkan sebagai penambangan emas oleh warga setempat, hal ini sungguh sangat disayangkan karena dapat merusak ekosistem dari Sungai Batanghari.

5. Sungai Musi, Sumatera Selatan

Sungai ini memiliki panjang 750 kilometer yang merupakan sungai terpanjang kedua di Sumatera dengan lebar rata-rata mencapai 540 meter. Masih banyak aktivitas warga Sumatera Selatan yang menggunakan aliran sungai Sungai Musi untuk berdagang dari satu tempat ketempat lainnya. Selain aliran Sungai Musi digunakan sebagai jalur perdagangan, aliran Sungai Musi juga digunakan sebagai PLTA untuk mendapatkan listrik yang disebarkan keseluruh Propinsi Sumatera Selatan.

6. Sungai Mamberamo, Papua

Memiliki panjang sungai 670 kilometer yang juga sebagai sungai terpanjang di Papua dengan lebar sungai mencapai 175 sampai 800 meter. Mengalir dari arah selatan menuju utara dan bermuara di Samudera Pasifik. Masih banyaknya buaya didaerah ini membuat para warga selalu berhati-hati jika ingin menyebrangi Sungai Mamberamo.

7. Sungai Begawan Solo, Jawa Tengah – Jawa Timur

Memiliki panjang 548 kilometer sebagai sungai terpanjang di Pulau Jawa dengan lebar mencapai 160-180 meter.

8. Sungai Digul, Papua

Memiliki panjang 525 kilometer yang merupakan sungai terpanjang kedua di Papua dengan panjang mencapai 300-900 meter. Didekat sungai ini terdapat juga perusahaan sawit dan perusahaan kayu sehingga kebanyakan aktivitas Sungai Digul digunakan oleh 2 jenis perusahaan tersebut.

9. Sungai Indragiri, Riau

Memiliki panjang 500 kilometer yang juga sebagai sungai terpanjang ketiga di Sumatera dengan lebar sungai mencapai 100-600 meter dan kedalamn 2-16 meter.

10. Sungai Seruyan, Kalimantan Tengah

Sungai terpanjang di Indonesia terakhir adalah Sungai Seruyan. Memiliki panjang 350 yang juga merupakan sungai keempat terpanjang di Kalimantan dengan lebar rata-rata sungai 300 meter dan kedalaman rata-rata 6 meter.

Demikian pembahasan kita tentang Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia, baca artikel lainnya tentang Wisata Goa Jati Jajar Kebumen di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

2 comments

  1. Sungai terpanjang di indonesia mungkin sungai musi…udah lupa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online