Home / Earth Science / Luar Angkasa / Bagian-Bagian Matahari Dan Fungsinya Yang Menakjubkan

Bagian-Bagian Matahari Dan Fungsinya Yang Menakjubkan

Bagian-bagian Matahari merupakan Pusat Tatasurya Dan Sumber Energi Bagi Bumi. Bentuk Matahari Seperti Bola Raksasa Namun Memiliki Permukaan Yang Tidak Padat. Karena Matahari Terbentuk Dari Berbagai Macam Gas Dan Medan Magnet. Gas Hidrogen Adalah Bagian Terbesar Dari Susunan Matahari, Sisa Gas Lainya Adalah Helium Karbon, Oksigen, Neon Dan Besi.

Bagian-Bagian Matahari Dan Fungsinya Yang Menakjubkan

Sinar Matahari Yang Dapat Kita Rasakan Merupakan Hasil Proses Fusi Yang Terjadi Di Matahari. Matahari Yang Sekilas Hanya Tampak Bulat Saja, Ternyata Memiliki Banyak Lapisan-Lapisan Didalamnya. Mari Kita Mengenal Matahari Lebih Dekat Lagi Bagian-Bagian Matahari Beserta Fungsinya.

  1. Inti Matahari
    Bagian Bagian Matahari Paling Adalah Inti Matahari. Inti Matahari Merupakan Titik Terdalam Dari Matahari. Inti Matahari Memiliki Suhu Sekitar 15 Juta Derajat Celcius. Luas Inti Matahari Adalah 1/64 Dari Total Volume Matahari Secara Keseluruhan. Inti Matahari Berisi Proton Atau Atom Bermuatan Positif, Elektron Atau Atom Bermuatan Negatif Dan Neutron Atau Atom Netral. Pergerkan Ketga Elemen Atom Tersebut Mengakibatkan Reaksi Fusi Yang Menghasilkan Energi Yang Luarbiasa Besar. Energi Dari Inti Matahari Merupakan Penggerak Utama Energi Yang Dikeluarkan Matahari. Pergerakan Energi Dari Inti Matahari Disebut Reaksi Fusi Nuklir Atau Termonuklir Berupa Sinar Gama Dan Neutrino. Energi Inti Matahari Merupakan Sumber Cahaya Dan Panas Utama Bagi Bumi Dan Planet Lainya Di Tatasurya.
  2. Zona Radiasi
    Bagian Ini Memiliki Fungsi Seperti Kulit Bagi Inti Matahari. Dalam Zon Radiasi Energi Dari Inti Matahari Terkumpul Lalu Dilepaskan Ke Bagian Matahari Yang Lain Dalam Bentuk Radiasi. Suhu Zona Radiasi Sangat Tinggi Yaitu 2 Juta Hingga 7 Juta Derajat Celcius, Walaupin Memiliki Suhu Yang Tinggi Namun Reaksi Nuklir Tidak Terjadi Di Bagian Zona Radiasi. Zona Radiasi Berfungsi Sebagai Distributor Energi Inti Matahari Ke Semua Bagian Permukaan Matahari. Alur Distribusi Energi Dalam Zona Radiasi Disebut Foton.
  3. Zona Konvektif
    Di Bagian Ini Energi Panas Dari Inti Matahari Mulai Menurun. Pada Bagian Ini Juga Disebut Zona Pendidihan Bagi Atom Energi Inti Matahari. Atom Atom Bersuhu Tinggi Yang Dilepaskan Zona Radiasi Bergerak Lambat Kepermukaan Zona Konvektif. Perubahan Suhu Yang Lebih Dingin Di Permukaan Zona Konvektif Membuat Atom Atom Ini Jatuh Kembali Ke Zona Radiatif Yang Lebih Panas Dan Kemudian Kemudian Naik Lagi Kepermukaan Zona Konvektif. Adanya Pergerakan Bolak-Balik Atom-Atom Ini Membentuk Susunan Seperti Gugusan Gas Raksasa Yang Terus Bersirkulasi. Arus Sirkulasi Atom-Ataom Dalam Zona Konveksi Menghasilkan Arus Konveksi, Arus Ini Berguna Membawa Energi Matahari Sampai Ke Atmosfer Planet Disekitar Matahari Seperti Planet Bumi.
  4. Fhotosphere
    Bagian Fhotosphere Merupakan Permukaan Pemisah Matahari Antara Bagian Dalam Dan Bagian Luar. Fhotosphere Memiliki Ketebalan Hingga 500 Km. Suhu Panas Di Fotosfer Sekitas 5.500 Derajat Celcius. Perlu Sobat Semua Ketahui Sinar Matahari Yang Sampai Kebumi Sebagian Besar Merupakan Hasil Pelepasan Radiasi Dari Fotosfer.
  5. Kromosfer
    Bagian-bagian matahari selanjutnya adalah kromosfer. Warna Kromosfer Tidak Terlihat Karena Tertutup Cahaya Terang Dari Fotosfer. Kromosfer Merupakan Bagian Paling Atas Dari Fotosfer. Bagian Ini Akan Terlihat Warnanya Ketika Terjadi Gerhana Matahari Total. Saat Gerhana Matahari Total Kromosfer Terlihat Sebagai Bingkai Matahari Yang Berwarna Merah. Warna Merah Kromosfer Disebabkan Karena Tinggiinya Kandungan Helium Di Zona Ini.
  6. Korona
    Korona Merupakan Lapisan Paling Luar Yang Menyelimuti Matahari. Sebenarnya Warna Asli Korona Adalah Putih, Namun Kuatnya Cahaya Matahari Pada Bagian Yang Lebih Dalam Membuat Warna Korona Hanya Samar-Samar Bahkan Tidak Terlihat. Namun Saat Terjadi Gerhana Total Bagian Korona Matahari Tampak Seperti Mahkota Berwarna Putih Yang Mengelilingi Permukaan Matahari.
    Demikian Artikel Tentang Bagian Bagian Matahari, Menakjubkan Bukan? Semoga Artikel Ini Bermanfaat Dan Menambah Wawasan Kita. Demikian pembahasan tentang Bagian-Bagian Matahari Dan Fungsinya Yang Menakjubkan, baca juga pembahasan lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online