Home / Wisata / Bentang Alam Jepang

Bentang Alam Jepang

Bentang alam Jepang terdiri dari 6 macam, yaitu pergunungan, dataran, laut, hutan, sungai dan danau. Negara Jepang sendiri merupakan salah satu negara kepulauan yang terdiri dari 4.000 pulau dan juga salah satu negara yang paling maju di bidang industrial. Masyarakat jepang menyebut negaranya dengan sebuatan Nippon yang berarti “Negara Matahari Terbit atau Negeri Sakura”. Berikut ini penjelasan mengenai bentang alam Jepang tersebut.

1. Bentang Alam Pergunungan

Bentang Alam Jepang

Seperti yang kita ketahui bahwa Jepang merupakan bagian dari ring of fire sehingga menyebabkan banyak gunung-gunung yang sebagian aktif maupun sudah tidak aktif lagi. Gunung yang terkenal di Jepang adalah Gunung Fuji atau disebut juga dengan Fujiyama yang memiliki ketinggian 3.777 meter dan menjadi puncak tertinggi di negara Jepang. .

2. Bentang Alam Dataran

Jepang hanya memiliki luas daratan sekitar 16% dari total luas wilayahnya, sehingga membuatnya menjadi negara dengan dataran rendah yang sempit. Dataran-dataran rendah dapat kita temui di wilayah pantai dan daerah Kwanto, Kinki serta Nobi. Adapun jenis tanah yang dapat kita temui di negara Jepang adalah tanah aluvial, tanah podzolit, tanah vulkanis dan jenis tanag litosol. Sempitnya dataran rendah di Jepang digunakan oleh petani untuk kegiatan pertanian seperti menanam padi dan sayuran.

3. Bentang Alam Laut

Pada bagian barat dari kepulauan Jepang, Jepang memiliki banyak selat-selat yang memisahkan pulau-pulau kecil dengan Pulau Jepang utama. Selain memiliki banyak selat, Jepang juga memiliki banyak teluk yang digunakan sebagai pelabuhan sedangkan pada bagian sebelah timur Jepang melimpah ikan sehingga banyak kegiatan mencari ikan didaerah ini oleh para nelayan. Melimpahnya ikan apda bagian sebelah timur Jepang disebabkan oleh pertemuan dua arus panas dan dingin, yaitu arus panas Kurosyiwo dan arus dingin Oyashiwo.

4. Bentang Alam Hutan

Jepang memiliki hutan sekitar 60% dari total daratan yang terdiri dari :

  1. Hutan campuran yang didominasi oleh tumbuhan berdaun jarum dan tumbuhan berdaun lebar. Hutan campuran ini terdapat di wilayah Pulau Honsu pada bagian utara dan Pulau Hokaido pada bagian barat daya.
  2. Hutan subtropis didominasi oleh tumbuhan berdaun lebat dan lebar yang terletak pada daerah selatan Jepang
  3. Hutan artik merupakan hutan yang didominasi oleh tanaman atau tumbuhan kutub yang tumbuh pada ketinggian diatas 2.000 meter di tengah Pulau Hokaido
  4. Hutan boreal didominasi oleh tumbuhan berdaun jarun yang terletak disebelah utara Pulau Hokaido.

5. Bentang Alam Sungai

Sungai di Jepang relatif pendek-pendek namum memiliki debit air yang cukup kencang, serta banyaknya riam-riam dan air terjun yang membuatnya tidak dapat dimanfaatkan sebagai media transportasi, namun dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA)

6. Bentang Alam Danau

Danau di Jepang tidak besar dan luas, hanya kecil-kecil yang biasanya digunakan sebagai tempat pemancingan oleh penduduk sekitar danau, Danau terbesar di Jepang adalah Danau Biwa yang terletak di dekat Kyoto. Demikian artikel tentang Bentang Alam Jepang, baca juga artikel lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online