Home / Wisata / Bentang Alam Singapura

Bentang Alam Singapura

Bentang alam singapura terbagi menjadi 3 daerah utama, hal ini disebabkan karena Singapura bukanlah negara yang besar. Luas wilayahnya hanya 716 km persegi dan jumlah penduduk berkisar 6 jutaan jiwa pada 2016. Singapura disebut juga dengan negara singa dan salah satu dari pusat keuangan terdepan nomor empat di dunia. Penduduknya yang beragam dari Cina, India, Melayu dan Kaukasoid membuat negara Singapura menjadi berkembang dan semakin maju.

Singapura terdiri dari hanya 63 pulau dan termasuk wilayah daratan Singapura. Dengan titik ketinggian tertinggi dinegara ini adalah 166 meter yang merupakan ketinggian dari Bukit Timah Hill. Teknologi yang berkembang pesat di negara Singapura membawa keuntungan tersendiri, proyek reklamasi tanah yang diambil dari bukit-bukit telah menambah luas daratan di Singapura seluas 705 km persegi dan rencananya akan meluas lagi sebanyak 100 km persegi pada 2030 nanti. Selain melakukan pelebaran daratan dengan reklamasi, Singapura juga menggabungkan beberapa pulau kecil menjadi pulau besar contohnya adalah Pulau Jurong.

Bentang Alam Singapura

Singapura memiliki karakterfisik fisik wilayah yang bervariasi. Pada bagian utara dan tengahnya terdiri dari bukit-bukit, pada bagian timur berupa dataran yang rendah dan terdapat juga lembah dan rawa pada bagian barat daya dari negara Singapura ini. Berikut penjelasan tentang Bentang Alam Singapura :

1. Bentang Alam Daerah Bukit Tengah

Pada bagian tengah dari negara Singapura terdiri dari bukit-bukit yang memiliki puncak yang relatif membulat. Beberapa bukit tersebut adalah Bukit Timah (166 meter), Bukit Gombak (133 meter), Bukit Panjang (154 meter) dan Bukit Mandai (129 Meter).

Selain pada bagian tengah dari Singapura terdiri dari bukit-bukit, negara ini juga terdapat beberapa sungai yang mengalir yang di manfaatkan oleh pemerintah setempat sebagai irigasi maupun pembangkit tenaga listrik dengan dibuatnya bendungan serta sarana transportasi modern.

2. Bentang Alam Daerah Dataran Timur

Pada wilayah, Singapura terdiri dari dataran rendah yang terdiri dari rawarawa dan dataran aluvial. Sungai-sungai yang mengalir didaerah ini umumnya pendek-pendek, aliran sungai yang lambat dan dangkal. Sehingga suangai pada daerah ini kurang dimanfaatkan oleh pemerintahan Singapura pada saat ini.

3. Bentang Alam Singapura Daerah Barat Daya

Wilayah barat daya dari negara Singapura memiliki karakteristik wilayah yang bergelombang yang terdiri dari rawa dan lembah. Selain rawa dan lembah, terdapat juga beberapa bukit-bukit rendah diantaranya adalah Bukit Faber, Bukit Sesop, Bukit Pasir Panjang. Bukti yang terkenal pada bagian barat daya ini adalah Bukit Faber yang dijadikan sebagai tempat wisawata bagi wisatawan. Demikian artikel tentang Bentang Alam Singapura, baca juga artikel menarik lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online