Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Cara Menentukan Titik Koordinat Dengan GPS Genggam

Cara Menentukan Titik Koordinat Dengan GPS Genggam

Cara menentukan titik koordinat dengan gps genggam atau tangan sangatlah mudah, hampir semua gps genggam yang kita bawa kelapangan memiliki kemiripan yang serupa (apalagi jika gps dari garmin). Bayangkan kalian berada dilapangan sambil membawa peta dan tidak mengetahui dimana posisi kalian saat ini. Jika zaman dahulu, untuk menentukan lokasi, kalian harus menembak kedua bukit atau shooting bukit puncak tertinggi dengan kompas dan saling menarik garis tegak lurus. Dari kedua garis tegak lurus itu, akan ada titik potong, nah titik potong itulah posisi kalian (zaman dahulu penulis kuliah sewaktu kuliah lapangan, mahasiswa harus bisa menentukan lokasi dan koordinat tanpa bantuan gps).

Cara Menentukan Titik Koordinat Dengan GPS

Gps dari garmin untuk bekerja dilapangan memiliki beberapa kemiripan yaitu adanya tulisan titik mark/enter untuk mengetahui dan menandai lokasi kalian saat ini. Yang harus kalian lakukan pertama kali adalah :

1. Hidupkan gps kalian
2. Lihat sistem koordinat pada peta kalian, apakah UTM atau Derajat menit detik
3. Atur settingan gps kalian sesuai peta
4. Kembali ke menu utama

UTM adalah proyeksi koordinat dimana satuan dari proyeksi ini menggunakan satuan unit meter, jadi kalian akan melihat angka-angka seperti 44100, 910000 dan lain sebagainya. sedangkan Derajat menit detik adalah proyeksi umum yang paling sering kita jumpai dengan sistem unit 90o30’45”  (90 derajat, 30 menit, 45 detik)

Cara diatas adalah cara untuk melihat pengaturan gps apakah sudah sesuai dengan peta ataupun belum. Jika settingan sudah sama, selanjutnya kalian hanya perlu menekan Enter/Mark untuk mengetahui cara menentukan titik koordinat dengan gps yang kalian gunakan.

Begitu juga jika kalian ingin menentukan koordinat yang belum pernah kalian tandai sebelumnya. Tekan Mark/Enter, masukkan koordinat UTM atau derajat menit detik, kemudia tekan ok/done. Lihat di layar gps kalian, dan koordinat pun sudah ditandai.

Demikian artikel tentang Cara Menentukan Titik Koordinat Dengan GPS Genggam, baca juga artikel menarik lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

letak-astronomis-benua-antartika

Letak Astronomis Benua Antartika

Letak astronomis benua Antartika ini yaitu 66,5 LS – 90 LS, dan terletak pada lingkar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online