Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Ciri-Ciri Lapisan Atmosfer Yang Sebaiknya Kamu Tahu

Ciri-Ciri Lapisan Atmosfer Yang Sebaiknya Kamu Tahu

Ciri-Ciri lapisan atmosfer berasal dari bahasa Yunani Amos yang artinya uap dan sphaira yang berarti lapisan. Jadi bisa diartikan atmosfer adalah lapisan gas yang membungkus sebuah planet. Seperti planet-planet yang lain di deretan tata surya, bumi juga memiliki atmosfer. Atmosfer bumi berada di ketinggian 0 km sampai 560 km dari permukaan tanah. Di dalam atmosfer terdapat lapisan-lapisan dan memeiliki nama tersendiri sesuai dengan ciri dan tingkatanya. Adanya grafitasi yang ada di Bumi membuat lapisan-lapisan atmosfer tetap berada ditempatnya. Ciri ciri lapisan atmosfer memiliki sifat-sifat khusus yaitu tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak terlihat namun dapat dirasakan dala bentuk angin, bersifat elastis, mempunyai massa sesingga ada tekanan, serta dapat menerima berbagai macam radiasi

Ciri-Ciri Lapisan Atmosfer Yang Sebaiknya Kamu Tahu

Selain memiliki lapisan-lapisan atmosfer juga mengandung berbagai macam gas.komposisi gas yang ada dala atmosfer adalah 78% merupakan nitrogen 21% oksigen dan beberpa macam gas lain seperti Ar, karbondioksida, uap air, krypton, neon xinon, hidrogen, kalium dan ozon. Keberadaan atmosfer sangat mempengaruhi kelangsungan kehidupan dimuka bumi. Lapisan-lapisan dalam atmosfer mempunyai peranan dan fungsi masing-masing seperti perisai benda asing yang mendekati permukaan bumi, penyaring radiasi dan paparan sinar ultravioled dari sinar matahari dan tempat terbentuknya siklus iklim, perubahan cuaca yang berguna bagi keseimbangan siklus kehidupan.

Berikut ini adalah ciri-ciri lapisan Atmosfer

Selimut gas dalam atmmosfer berdasarkan perbedaan suhu dan ketinggian terbagi dalam 4 lapisan yaitu : troposfer, stratosfer, mesosfer dan termosfer. Ke empat lapisan atmosfer tersebut memiliki ciri ciri lapisan atmosfer masing-masing yaitu :

  1. Lapisan Troposfer adalah lapisan terendah atmosfer yaitu berada di ketinggian 0 km-15 km dari permukaan bumi, sehingga lapisan ini bersentuhan langsung dengan aktifitas kehidupan mahluk bumi. Lapisan ini memeiliki ciri sebagai berikut :
    • Mengandung banyak uap air dan co2, sehingga dalam lapisan ini bisa-terjadi peristiwa-cuaca dan iklim seperti hujan,petir, awan dan angin.
    • Memiliki temperatur yang tidak kosntan, semakin tinggi jaraknya dari permukaan bumi suhunya semakin rendah.
    • Mimilki ketebalan dan ketinggian yang berbeda-beda, semakin kearah kutub bumi ketebalan troposfer semakin menipis.
    • Memiliki lapisan pembatas dengan lapisan atmosfer diatasnya yang disebuttropopaus.
  2. Stratosfer merupaakan lapisan tirai pelindung dari paparan sinar ultraviolet cari cahaya matahari. Berada di ketinggian 16-50 km dari permukaan bumi. Ciri lapisan Strofosfer adalah Memiliki tiga lapisan yaitu Isoterm, lapisan panas dan lapisan campuran atas, terdapat lapisan ozon, dan memiliki lapisan peralihan dengan lapisn diatasnya yang disebut statopous
  3. Mesosfer yaitu lapisan atmosfer yang berada di ketinggian 50-80 km dari permukaan bumi. Merupakan perisai benda asing seperti meteor dan benda langit lainya yang tertarik grafitasi bumi. Ciri lapisan Mesosfer yaitu tempat sebagian besar meteorit hangus terbakar atau terurai dan memiliki suhu udara tidak stabil, lapisan paling bawah bersuhu paling tinggi (sekitar 10 derajat semakin keatas suhu semakin rendah (-140 derajat celcius)
  4. Termosfer merupakan lapisan atmosfer yang mempunya daya refleksi gelombang radio, baik gelombang pendek maupun panjang.berada di ketinggian 80-560 km dari permukaan bumi.
    Ciri-ciri lapisan Termosfer adalah

    • Berisi molekul atom atmosfer yang mengalami ionisasi
    • Memiliki lapisan inversi maksudnya semakin tinggi dari permukaan bumi suhunya semakain tinggi.
    • Memiliki temperatur suhu sangat tinggi hinga mencapai ratusan derajat celsius.
    • Memiliki partikel-partikel ion dan bisa berfungsi sebagai pemantul gelombang radio.

Demikian penjelasan pengenai ciri-ciri lapisan atmosfer yang dimiliki bumi kita tercinta. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. Demikian pembahasan tentang Ciri-Ciri Lapisan Atmosfer Yang Sebaiknya Kamu Tahu, baca juga pembahasan lengkap lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2018

Harga GPS Garmin 2018 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin luangkanlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online