Home / Ilmu Peta / Peta / Ilmu Yang Mempelajari Peta

Ilmu Yang Mempelajari Peta

Ilmu yang mempelajari peta – Tentu saja sebuah peta menjadi penting bukan karena hal-hal yang bersifat personal semata. Pada kenyataannya, saat ini peta tumbuh menjadi sebuah media yang bernilai penting karena dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia sehubungan dengan profesi-profesinya yang makin beragam. Militer dan pertahanan (plus kepolisian), computer (war) game dan simulator, pendidikan (pengajaran), pertanahan, perpajakan, biro statistik, pertanian, perkebunan, kehutanan, rekayasa teknik sipil, geodesi & geomatika, geografi, kependudukan, perencanaan wilayah, geosciences, utilities (jaringan saluran gas, minyak, listrik, telekomunikasi, air, dan lain sejenisnya), promosi (pariwisata), bisnis & periklanan, pengiriman pos dan delivery, pertambangan, minyak, dan gas adalah sebagian contoh bidang atau profesi yang banyak memerlukan peta di dalam aktivitas kesehariannya.

Ilmu Yang Mempelajari Peta Kriminal KepolisianKeberagaman profesi ilmu yang mempelajari peta, korp., disiplin ilmu, asosiasi beserta kebutuhan dan bisnis proses terkait sangat memungkinkan untuk menyebabkan peta-peta menjadi bermacam jenis atau tipe. Setidaknya akan munculah kebutuhan detil yang berbeda. Sementara itu, di lain pihak, skala, simbol, warna, sistem koordinat, datum, proyeksi, (ukuran) grid / graticule, dan standar ukuran kertas yang biasa digunakan adalah contoh beberapa aspek yang juga bisa membedakan suatu peta dengan peta-peta yang lain. Hal-hal seperti inilah yang terkadang dapat menjadikan kemunculan sebuah kontradiksi; media yang pada awalnya diperuntukkan sebagai alat publikasi dan komunikasi pengetahuan spasial yang seluas-luasnya (diharapkan dapat dipahami oleh berbagai pihak), dalam beberapa hal, akhirnya (cenderung) menjadi “terkotak-kotak” (sektoral). Tentu saja hal ini tidak menjadi suatu masalah yang besar bagi publik sepanjang komunitas penggunanya bersikap teliti dan “bijak , peta dasarnya (rujukannya) sama atau jelas sementara keterangannya (metadatanya) juga lengkap. Demikian artikel tentang Ilmu Yang Mempelajari Peta, baca juga artikel lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online