Home / Earth Science / Ragam Hayati / Jenis Fauna Indonesia Bagian Timur

Jenis Fauna Indonesia Bagian Timur

Fauna Indonesia bagian timur terdapat di sebagian besar wilayah Indonesia bagian timur yang dipenuhi dengan adanya flora dan fauna di dalamnya. Indonesia kaya sekali akan alam dan sekitarnya. Kekayaan akan fauna di Indonesia juga patut untuk kita banggakan. Berbagai macam jenis fauna ada di Indonesia. menurut para zoologi (badan peneliti tentang hewan) meneliti bahwa adanya 12% jenis hewan mamalia atau hewan menyusui, 17% jenis burung, dan 16% jenis reptil yang ada di dunia ada di Indonesia. bahkan fauna-fauna tersebut juga belum termasuk dengan fauna yang hidup di dalam air seperti ikan maupun fauna endemik lainnya. Berbagai jenis-jenis fauna tersebut tentu saja tidak terdapat di satu wilayah sajah melaikan sudah tersebar di berbagai wilayah dan kawasan di Indonesia. Persebaran fauna-fauna tersebut dibagi menjadi tiga wilayah yaitu fauna Indonesia bagian timur, tengah, dan juga barat. Sesuai dengan wilayahnya, fauna yang sudah terbagi itu juga memiliki ciri-ciri dan jenis yang berbeda.

Untuk persebaran fauna yang telah dibagi menjadi tiga wilayah, salah satu fauna Indonesia bagian timur juga memiliki ciri-ciri yang khas. Pada ciri pertama fauna yang berada di bagian timur ini adalah memiliki hewan mamalia atau hewan menyusui yang berbadan kecil. Misalnya seperti kelelawar, beruang, kuskus, kanguru pohon, dan lain-lain. Yang kedua yaitu memiliki hewan-hewan reptil seperti buaya, kura-kura, biawak, dan ular. Kemudian ciri yang ketiga yaitu memiliki jenis katak, misalnya seperti katak, air, katak pohon, katak terbang, dll. Adanya berbagai jenis ikan namun sedikit memiliki ikan tawar.

Selain itu, fauna bagian timur memiliki jenis-jenis burung yang berbulu indah seperti cendrawasih dan juga memiliki berbagai macam jenis serangga. Perbedaannya dengan fauna bagian barat yaitu jenis kera yang dimiliki fauna bagian timur hanya satu macam sedangkan fauna di barat memiliki jenis kera lainnya. Dan jenis mamalia fauna bagian barat berbadan besar, lalu fauna bagian timur memiliki mamalia berbadan kecil.

Jika fauna di bagian barat sama dengan fauna yang ada di Asiatis, maka karakteristik dari fauna di bagian timur lebih dominan sama dengan fauna yang ada di benua Australis. Karena fauna Indonesia bagian timur berada di pulau Papua yang berdekatan seperti menyatu dengan daratan benua Australia. Sebagian besar faunanya adalah jenis fauna mamalia berkantung, serta memiliki ciri khas jenis burung yang bersayap indah seperti cendrawasih. Cendrawasih sering disebut sebagai burung surga, karena keindahan sayap yang ia miliki. Burung cendrawasih sendiri hanya dijumpai di kawasan Irian Jaya (Papua) dan juga di Maluku.

Selain cendrawasih terdapat juga burung kasuari australia yang hanya berada di kepulauan Aru dan Papua. Jenis-jenis fauna di bagian timur memang memiliki banyak jenis burung yang memiliki keindahan pada warna dan bulunya. Burung yang terdapat di papua lainnya seperti nuri, kakaktua, dan parkit.
Tidak hanya itu saja, fauna Indonesia bagian timur juga memiliki banyak jenis fauna endemik. Hewan purba yang berjenis fauna endemik seperti komodo. Seperti hewan yang lainnya, komodo juga merupakan hewan yang dilindungi. Spesies komodo yang sudah hidup sejak puluhan juta taun yang lalu ini juga terancam punah.

Karena itu, pemerintah di Indonesia melindungi kekayaan dari fauna dini dengan diadakannya suaka margasatwa, yaitu tempat untuk para binatang yang sudah sepantasnya untuk dilindungi. Seperti kebun binatang, selain banyak hewan terlindungi kita juga dapat berkunjung untuk melihat berbagai macam fauna. Demikian artikel tentang Jenis Fauna Indonesia Bagian Timur, baca juga artikel menarik lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online