Home / Earth Science / Sejarah Bumi / Manusia Meganthropus Palaeojavanicus

Manusia Meganthropus Palaeojavanicus

Meganthropus Palaeojavanicus adalah salah satu jenis manusia purba yang pernah hidup didunia ini, terutama di Indonesia. Umur dari manusia ini diperkirakan pernah hidup pada tahun 2 juta hingga 1 juta tahun yang lalu pada Zaman Batu Tua atau Paleolithikum.

Manusia purba ini pertama kali ditemukan di Indonesia pada tahun 1936 sampai 1941 didaerah situs Sangiran, Seragen, Jawa Tengah oleh G.H.R von Koenigswald. Jika disandngkan dengan skala umur geologi, manusia ini hidup pada zaman Pleistosen dimana terdapat hewan-hewan purba seperti mammoth pada zaman tersebut. Adapun arti dari Meganthropus Palaeojavanicus adalah :

  • Mega yang memiliki arti “Besar”
  • Anthropus yang memiliki arti “Manusia”
  • Paleo yang memiliki arti “Paling tua atau tertua”
  • Javanicus yang memiliki arti “Jawa”

Jadi, jika kalian artian di atas digabung akan menjadi “Manusia berbadan besar yang paling tua dari Pulau Jawa”. Adapun ciri-ciri dari manusia purba ini adalah :

Manusia Meganthropus Palaeojavanicus

Ciri-Ciri Meganthropus Palaeojavanicus

  1. Tubuh badan tegap dan kekar
  2. Memiliki rahang yang besar
  3. Dagu tidak seperti kera dan bentuk graham seperti manusia umumnya
  4. Tulang pipi tebal
  5. Terdapat tonjolan pada bagian kening dan belakang kepalanya
  6. Pernah hidup pada 2-1 juta tahun yang lalu pada Zaman Pleistosen
  7. Lebih suka memakan tumbuh-tumbuhan sebagai makanan utamanya

Pada awal penemuannya di Jawa, fosil manusia purba ini hanyalah terdiri dari rahang atas dan rahang bawah. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ditemukan juga bagian-bagian lainnya seperti tengkorak lengkap. Demikian pembahasan tentang Manusia Meganthropus Palaeojavanicus, baca juga pembahasan lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online