Home / Earth Science / Sejarah Bumi / Manusia Pendukung Zaman Logam Indonesia

Manusia Pendukung Zaman Logam Indonesia

Manusia pendukung zaman logam adalah awal dari dimulainya zaman logam. Akan tetapi, bukan berarti pada zaman ini zaman batu telah berakhir. Masih banyak peralatan-peralatan yang terbuat dari batu yang masih digunakan juga pada masa ini. Munculnya zaman logam ini menandakan bahwa pada zaman tersebut sudah ditemukannya alat-alat yang terbuat dari logam, baik itu dari perunggu dan besi.

Di Indonesia sendiri, zaman logam masuk sekitar tahun 500 SM pada saat kebudayaan Dongsong (Vietnam) masuk ke Indonesia. Manusia pada saat itu sudah paham akan teknik peleburan logam yang menggunakan teknik cetakan logam yang berupa bivalve dan a cire perdue. Zaman logam sendiri terbagi menjadi dua, yaitu zaman logam perunggu dan zaman besi.

Zaman yang berkembang di Indonesia hanyalah zaman perunggu saja. Perunggu sendiri didapat dengan mencampurkan tembaga dengan timah dengan perbandingan 3:10 sehingga didapat logam yang lebih keras yaitu perunggu.

Suku Manusia Pendukung Zaman Logam

Manusia Pendukung Zaman Logam Indonesia

Suku atau kebudayaan yang berperan sebagai pendukung pada zaman ini adalah dari bangsa deuteuro melayu atau disebut juga dengan melayu muda yang saat itu bermigrasi ke Indonesia dengan ikut serta membawa kebudaayn dongson.

Ciri-Ciri Zaman Perunggu

  1. Alat yang digunakan terbuat dari logam yang dibuat dengan teknik bivalve dan a cire perdue
  2. Sudah terdapat perkampungan serta pemimpin suku yang tinggal dalam rumah dengan tiang yang besar
  3. Sudah ada pembagian tugas kerja berdasarkan keahlian membaut logam

Adapun alat-alat yang dihasilkan pada zaman perunggu adalah

Manusia Pendukung Zaman Logam Indonesia 2

  1. Kapak Corong merupakan kapak perunggu yang digunakan sebagai alat perkakas ditemukan di beberapa daerah yaitu Sumatera Selatan, Jawa-Bali, Kepulauan Selayar, Sulawesi dan Irian.
  2. Nekara Perunggu merupakan dandang yang berguna untuk maskawin ditemukan di daerah Sumatera, Jawa-Bali, Sumbawa Pulau Roti, Kepulauan Selayar dan Pulau Leti
  3. Bejana Perunggu Banyak ditemukan didaerah Sumatera dan Madura
  4. Arca Perunggu ditemukan dibeberapa daerah yaitu Bang-kinang (Riau), Lumajang (Jatim) serta Bogor

Demikian pembahasan singkat tentang Manusia Pendukung Zaman Logam Indonesia, selanjutnya mungkin saya akan membahas tentang peralatan pada zaman logam, baca juga artikel lengkap lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online