Home / Ilmu Peta / Peta / Mengapa Layout Sangat Penting Untuk Ditampilkan Pada Peta

Mengapa Layout Sangat Penting Untuk Ditampilkan Pada Peta

Mengapa layout sangat penting untuk ditampilkan pada peta, sebelum membahas pertanyaan ini, ada baiknya kita lebih mamahami dulu apakah layout peta tersebut? Layout adalah desain tata letak suatu elemen yang sebelumnya sudah terkonsep telebih dahulu pada sebuah bidang maupun media tertentu. Berdasarkan pengertian diatas, kita dapat simpulkan “Tata Letak” dan “Desain”. Jadi jika kita kaitkan dengan peta, memiliki arti Tata Letak pada Peta dan Desain Peta.

Mengapa Layout Sangat Penting Untuk Ditampilkan Pada PetaMembuat layout haruslah menselaraskan komposisi, irama, ruang dan informasi terhadap peta. Layout yang baik haruslah bersifat informatif dan menarik. Peta dibuat bukan hanya dipahami untuk kita sendiri, peta dibuat agar orang lain dapat mengerti informasi apa yang akan kita sampaikan dalam bentuk peta. Misalnya peta kebancanaan, jika kita tidak membuatnya dengan baik, jelas dan informatif, orang lain pasti akan kebingungan. Peta tidak lepas dari sebuah layout. Layout peta biasanya berisikan judul, legenda, keterangan, skala, tahun pembuatan peta, dll.

Banyak adik-adik kelas yang satu jurusan dengan saya ketika membuat peta, layoutnya sembarangan. Bahkan ada diantara mereka yang layout petanya dibuatkan oleh temannya. Sebagai ahli kebumian, membuat peta sangatlah penting agar pembaca atau audiens lebih cepat memahami informasi apa yang akan kita berikan. Membuat peta tidak boleh asal-asalan, semuanya itu haruslah terkonsep, tertata dan rapi. Demikian pembahasan tentang Mengapa Layout Sangat Penting Untuk Ditampilkan Pada Peta, baca juga artikel lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online