Home / Earth Science / Ragam Hayati / Mengenal Flora di Indonesia Bagian Timur

Mengenal Flora di Indonesia Bagian Timur

Flora di Indonesia bagian timur tentunya tidak terlepas dari aneka tumbuhan yang beragam dan juga bentuk yang berbeda-beda. Pada setiap daerah tentunya memiliki keanekaragaman flora yang memiliki nama yang berbeda-beda dan telah tersebar di banyak tempat seperti flora di Indonesia bagian timur misalnya. Adapun tumbuhan tersebut memiliki makna dan juga terbentuk secara alami yang berasal dari beragam factor. Dan factor tersebut bermacam-macam, seperti :

  • Faktor klimatik
    Faktor ini terjadi diakibatkan iklim atau cuaca yang terjadi pada suatu daerah seperti kelembaban, sinar matahari, angina, curah hujan dan lainnya
  • Faktor Edafik
    Factor ini yang mempengaruhi terjadinya persebaran flora dan juga fauna,dan tanah merupakan media utama bagi pertumbuhan flora, adapun factor tersebut meliputi tekstur tanah, tingkat kegemburan tanah, mineral organic seperti humus, kandungan air tanah dan kandungan udara tanah
  • Faktor Fisiografi
    Untuk factor ini mempengaruhi banyak kehidupan makhluk hidup yang terdiri atas ketinggian tempat dan juga bentuk tanah.

Flora atau tumbuhan sahul yang merupakan flora di Indonesia bagian timur ini juga bisa disebut dengan flora austaria. Ada alasan mnegapa di katakan flora australis, hal tersebut di sebabkan bahwa wilayah Indonesia bagian timur dulu menyatu dengan benua Australia, oleh karenanya jenis untuk setiap tumbuhannya hampir serupa. Dan untuk wilayah flora sahul melingkupi daerah pulau Papua dan juga beberapa pulau-pulau yang kecil lainnya yang terdapat disekitarnya.

Hutan sahul mempunyai ciri-ciri sama seperti dengan huatan di Australia bagian utara dengan berbagai macam tumbuhan yang bisa mencapai ribuan tumbuhan dengan daunnya yang sangat lebat dan berwarna hijau. Untuk ketinggian pohon di wilayah tersebut dapat mencapai 50 meter ketinggiannya dikarenakan lebatnyadaun pada pohon di hutan sahul yang membuat sinar UV tidak dapat menembus tanah oleh karenanya mengakibatkan kelembaban dan memiliki ciri dari suatu tanah yang baik dan menjadikan tanah subur dengan banyak organisme yang terdapat di dalamnya. Dan hal tersebut juga banyak flora di Indonesia bagian timur yang merambat.

Mengenal Flora di Indonesia Bagian Timur

Dan banyak pohon pohon yang tumbuh di wilayah timur dan menghasilkan suatu kualitas kayu yang dapat dijadikan berbagai macam perabotan rumah tangga sehari-hari dan biasanya tergolong kuat dan juga mahal. Adapun pohon-pohon tersebut, antara lain :

  • Pohon besi , jati, eben hitam, merbau dan cemara
  • Untuk daerah pesisir pantai banyak terdapat hutan baka mangrove yang begitu lebat dan juga sangat bagus bagi keamanan sekitar pantai. Dan sedangkan untuk daerah rawa banyak terdapat pohon sagu yang di jadikan bahan makanan pokok bagi masyarakat Papua.
  • Untuk flora di Indonesia bagian timur yaitu tumbuhan endemic ada pohon Rhododendron. Dan secara umum jenis flora yang terdapat di parapan sahul ini terdiri dari pohon sagu, hutan hujan tropis dan juga pemetia pinnata.

Dan untuk flora di Indonesia bagian timur memiliki karakter khusus yang bisa dijadikan keunikan tersendiri diantara flora pada bagian wilayah lainnya yang ada di Indonesia. Adapun karakter khusus dari flora di wilayah timur antara lain :

Flora Indonesia wilayah timur :

  • Mempunyai jenis sedikit merantinya
  • Tak mempunyai rotan
  • Adanya hutan kayu putih
  • Banyak terdapat tumbuhan jenis matoa yang khususnya terdapat di Papua
  • Terdapat banyak timbuhan sagu
  • Tak ada jenis tumbuhan seperti nangka

Demikian pembahansan mengenai Flora di Indonesia Bagian Timur yang telah di berikan. Semoga semakin menambah ilmu mengenai flora di Indonesia. Demikian pembahasan tentang Mengenal Flora di Indonesia Bagian Timur, baca juga pembahasan lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online