Home / Earth Science / Ragam Hayati / Nama-Nama Flora Indonesia Bagian Barat

Nama-Nama Flora Indonesia Bagian Barat

Flora Indonesia bagian barat memiliki banyak sekali kekayaan alam, contohnya saja kekayaan flora maupun fauna. Keanekaragaman hayati di Indonesia memang bermacam-macam salah satunya yaitu kekayaan pada tumbuhan atau flora. Di Inonesia, baik flora maupun fauna sudah terbagi dalam tiga wilayah tertentu. Wilayah tersebut yaitu flora Indonesia bagian barat, tengah, maupun timur. Masing-masing flora yang ada di setiap wilayahnya juga memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Nama-Nama Flora Indonesia Bagian Barat

Ada tiga persebaran wilayah pada flora yang terdapat di Indonesia. Salah satunya adalah flora Indonesia bagian barat, yang juga memiliki ciri khasnya. Ciri flora bagian barat yang pertama yaitu flora bagian barat memiliki bermacam jenis tumbuhan yang berkayu, yang memiliki harga yang tinggi jika dijual. Misalnya seperti kayu jatu, kayu mahoni, dan kayu meranti. Ciri yang kedua yaitu flora atau tumbuhan di bagian barat selalu fresh berwarna hijau sepanjang tahunnya.

Selain itu, flora di kawasan barat ini memiliki sifat heterogen. Flora di bagian barat Indonesia juga mempunyai tumbuhan endemik yang hanya ada di daerah itu saja, yaitu seperti tumbuhan Raflesia Arnoldi yang ada di pulau Sumatera. Sementara itu, wilayah bagian barat ini termasuk wilayah yang memiliki banyak hutan mangrove. Ada pula beberapa daftar nama-nama flora atau tumbuhan Indonesia di bagian barat yaitu sebagai berikut.

  • Raflesia Arnoldi
    Seperti yang sudah disebutkan di atas, tumbuhan Raflesia Arnoldi ini berada di kawasan pulau Sumatera. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang memiliki ukuran bungan yang sangat besar, untuk itu julukan lain untuk tumbuhan ini yaitu Padma raksasa. Tumbuhan Raflesia Arnoldi ini merupakan tumbuhan parasit yang tumbuh pada jaringan tumbuhan liana, selain itu tidak memiliki daun yang menyebabkan tumbuhan ini tidak dapat melakukan fotosintesis. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan endemik.
  • Bunga Ashar
    Bunga ashar ini merupakan tumbuhan yang memiliki bunga yang mekar pada pukul tertentu. bunga ini disebut sebagai buka pukul empat atau dalam bahasa inggrisnya yaitu Four o’clock plant. Karena memang bunga ini hanya mekar pada saat ashar yaitu pada pukul empat sore. Sebenarnya, bunga ini bukan merupakan bunga yang berasal dari Indonesia. Namun, bunga ashar ini sudah ditetapkan sebagai tumbuhan identitas yang ada di Lampung, Sumatera Selatan. Oleh karena itu, bunga ashar termasuk flora Indonesia bagian barat.
  • Kantong Semar
    Pasti anda sudah kenal bukan dengan tanaman yang satu ini. Tanaman kantong semar merupakan tanaman yang sangat unik, karena beberapa spesies tanaman ini adalah tanaman pemakan daging atau karnivora. Karena itu tidak banyak orang yang memelihara tanaman tersebut. Keunikan lainnya adalah tanaman ini memiliki corak yang indah pada kantongnya. Namun, justru tanaman ini sudah akan terancam punah di habitannya. Tanaman ini juga sudah dicap sebagai tanaman yang paling susah dicari atau langka di wilayah Indonesia
  • Kina
    Kina merupakan tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat. Yang menjadikan tumbuhan kina menjadi obat adalah kulit kinanya sendiri. Kulit kina mengandung berbagai macam kandungan yang dapat mengobati penyakit serius seperti malaria.

Itulah beberapa kriteria serta ciri-ciri dan sekaligus contoh dari tumbuhan atau flora Indonesia bagian barat. Berbagai macam tumbuhannya memiliki nama yang cukup unik. Untuk itu sebagai makhluk yang berakal dan berpendidikan sebagai manusia kita patut menjaga kelestarian alam seperti kekayaan flora yang ada di Indonesia ini. Sekian pembahasan tentang Nama-Nama Flora Indonesia Bagian Barat, baca juga pembahasan menarik lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

One comment

  1. 10 Nama Flora di indonesia barat,Tengah,Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online