Home / Ilmu Peta / Peta / Penampang Melintang Bentuk Muka Bumi

Penampang Melintang Bentuk Muka Bumi

Penampang melintang bentuk muka bumi merupakan gambaran profil relief ataupun ketinggian suatu daerah dengan skala tertentu yang memotong permukaan bumi dengan bidang vertikal pada arah tertentu. Garis penampang muka bumi terbagi menjadi 3 garis utama, yaitu base line, profil line, dan end line. Berikut ini penjelasan dari ketiga garis tersebut.

  1. Profil line adalah garis potong utara permukaan bumi yang diawali dengan section line dari A ke A’
  2. Base line adalah garis mendatar yang dipilih pada jarak tertentu diabwah profil line
  3. End line atau garis vertikal adalah garis yang tegak lurus dengan base line dan membatasi bagian samping kiri dan kanan profil penampang.

Penampang melintang dapat dibuat jika peta yang kalian miliki memiliki ketinggian dan kedalaman, tanpa ada ketinggian dan kedalam tertentu, kalian tidak dapat membuak penampang melintang. Dalam bahasa inggris, penampang melintang ini disebut juga dengan “Cross Section”.

Penampang Melintang Bentuk Muka Bumi

Cara menentukan Garis Penampang

Menentukan garis penampang tidak boleh sembarang, garis penampang harus memiliki tujuan yang jelas dan mewakili semua informasi yagn ingin kita sampaikan pada penampang tersebut. Sebagai contoh ketika saya membuat peta geologi yang terdiri dari 4 satuan sebarang batuan, saya harus membuat penampang yang memotong atau melewati ke empat satuan batuan tersebut. Sehingga peta yang saya buat menjadi jelas dan informatif.

Ilmu membuat penampang ini biasanya dipelajari sewaktu semester-semester awal kuliah, kalau di kampus saya, saya belajarnya sewaktu semester satu pada mata kuliah geomorfologi dan ilmu tersebut masih saya pakai sampai saat ini. Ilmu yang sanagt berguna. Pada waktu itu saya menggunakan metode manual dengan bantuan kertas untuk menitik-titik ketinggian dari A ke A’. Pada saat ini semua sudah dapat dibuat dengan bantuan komputer.

Seiring berjalannya waktu, ilmu penamapng ini banyak digunakan pada industri perminyakan dan pertambangan, dengan membuat penampang melintang bentuk muka bumi, kita dapat mengetahui sebaran batuan yang berada dibawah permukaan untuk kegiatan ekslorasi sumber daya alam. Sekian dulu pembahasan singkat tentang Penampang Melintang Bentuk Muka Bumi, baca juga pembahasan lainnya di www.mahalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2018

Harga GPS Garmin 2018 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin luangkanlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online