Home / Ilmu Peta / Peta / Survey Pembuatan Peta

Survey Pembuatan Peta

Survey Pembuatan Peta – Peta tidak begitu saja secara langsung tersedia untuk diminta, dipinjam, atau dibeli di perpustakaan, di toko, atau di pasaran bebas. Apalagi jika petanya bersifat khusus dan ditujukan untuk memenuhi keperluan di kalangan atau profesi tertentu pula. Sebelum dapat digunakan, secara umum, tentu saja peta perlu terlebih dahulu dirancang, disurvey, dibuat, direproduksi, dan kemudian disebar-luaskan. Dan untuk membuatnya, terutama bagi peta-peta (resmi / khusus) yang kemudian akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan profesional, pihak pembuat peta perlu terlebih dahulu melakukan survey yang pada saat ini telah memiliki beragam tipe maupun jenisnya.

Survey Pembuatan PetaTipe atau jenis survey pembuatan peta ini dapat meliputi kunjungan lapangan, pencatatan toponimi, pengambilan sampel, pengukuran unsur-unsur topografi darat dan atau dasar perairan, pemotretan udara, perekaman data satelit / radar, dan lain sejenisnya. Semakin bervariasinya tipe atau jenis survey yang terkait pembuatan peta, maka sumber daya manusia, teknologi, alat-bantu, waktu, dan biaya yang diperlukanpun menjadi bervariasi; mulai dari yang terbilang “murah” (atau mudah) hingga yang termasuk “mahal (atau sulit). Yang jelas, secara umum, hasil akhirnya adalah lembar-lembar kertas yang berisi sajian simbol-simbol unsur-unsur permukaan bumi dengan ukuran dan warna tertentu. Alat-alat survey yang sering digunakan untuk membuat peta adalah theodolit, GPS dan yang terkenal pada saat ini adalah Drone. Dengan adanya bantuan drone, membuat proses pemetaan menjadi lebih singkat. selain dapat memetakan permukaan saja, drone jgua dapat menampilkannya menjadi proyeksi 3D secara langsung sesuai dengan gambar lapangan. Demikian artikel tentang Survey Pembuatan Peta, baca juga artikel lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online