Home / Wisata / Tempat Wisata di Pontianak

Tempat Wisata di Pontianak

Tempat wisata di Pontianak yang paling menarik dan terkenal adalah Tugu Khatulistiwa, tetapi selain tugu ini, ada beberapa rekomendasi wisata terbaik lainnya yang ada di kota pontianak. Kota Pontianak sendiri dikenal dengan Kota Khatulistiwa karena kota ini dilalui oleh garis khatulistiwa. Kota Pontianak akan berumur 245 tahun pada 23 Oktober 2016 nanti, dengan luas wilayah 107, 82 kilometer persegi, kota ini dipotong oleh sungai panjang yang kita kenal sebagai Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang kemudian menjadi simbol Kota Pontianak.

Pada umur yang ke-245 tahun nanti, banyak harapan masyarakat Pontianak kepada pemerintah setempat terkait dalam sektor ekonomi, budaya, infrastruktur dan pembangunan agar adanya perkembangan yang lebih baik dan perhatian lebih dari pemerintah.

Terkait umurnya yang cukup lama, Kota Pontianak sudah banyak sekali mengalami perubahan, tentunya dalam bidang pariwisata dan pelayanan publik. Ada beberapa tempat wisata terbaik yang dapat saya simpulkan, diantaranya adalah :

1. Tugu Khatulistiwa

Tempat Wisata di Pontianak Tugu Khatulistiwa

Tempat wisata di Pontianak yang pertama adalah Tugu Khatulistiwa. Siapa yang tidak mengenal Tugu Khatulistiwa yang merupakan kebanggaan dari warga Pontianak. Tugu ini dapat ditempuh dengan jarak 3 km dari pusat kota Pontianak. Tugu ini berdiri dengan kokohnya yang disandingkan dengan empat pilar kayu berlian dengan dua pillar pada bagian belakang lebih panjang di bandingkan pada bagian depan. Terdapat juga tulisan EVENAAR di antara dua pilar yang ada dibelakang. Selain kita dapat menikmati Tugu Khatulistiwa ini, kita juga dapat mengunjungi museum informasi tentang garis imajinasi bumi. Jika kalian ingin membawa oleh-oleh dari Kota Pontianak, kalian juga dapat membeli miniatur dari Tugu Khatulistiwa yang dijual disini. Yang menariknya adalah, kalian bisa mendapatkan serfitikat kunjungan Tugu Khatulistiwa yang ditanda tangani oleh walikota Pontianak dengan hanya membayar 10.000 rupiah saja.

Waktu terbaik mengunjungi Tugu Khatulistiwa ini adalah pada tanggal 21-23 Maret atau bisa juga pada tanggal 21-23 September dimana terdapat fenomena menarik, Kalian tidak akan melihat bayangan pada benda apapun…!!! Fenomena ini disebabkan karena matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa dari kota Pontianak, sehingga benda-benda tersebut tidak akan memiliki banyangan selama fenomena ini terjadi. Sungguh menarik bukan tempat wisata di Pontianak ini.

2. Mesjid Jami’ Pontianak

Tempat Wisata di Pontianak Mesjid Jami' Pontianak

Tempat wisata di Pontianak yang kedua adalah Mesjid Jami’ Pontianak. Bagi kalian beragama muslim, cobalah untuk singgah di mesjid ini. Mesjid ini dikenal dengan nama lain Mesjid Sultan Syarif Abdurrahman. Mesjid ini menjadi saksi bisu awalnya terbentuk kota Pontianak. Pada bagian dalam mesjid ini, terdapat 4 pillar utama yang terbuat dari kayu berlian dengan diameter mencapai 0,5 meter. Kapasitas mesjid yang dapat menampuung 1500 jamaah dibangun dengan gaya panggung untuk menghindari luapan dari Sungai Kapuas. Mesjid ini dapat ditempuh dengan jarak 200 meter saja dari Keraton Kadriah.

3. Rumah Adat Melayu Sebagai Tempat Wisata di Pontianak

Tempat Wisata di Pontianak Rumah Adat Melayu

Kalimantan dikenal dengan adat melayu yang kental, hal ini pun terlihat dengan keistimewaan rumah adat melayu yang dimilikinya sebagai tempat wisata di Pontianak. Rumah adat melayu ini terletak bersebelahan dengan rumah Radakng, Kalimantan Barat. Rumah adat ini diresmikan oleh Wapres pada tanggal 9 November 2005, sejak diresmikan, rumah adat melayu ini sering dijadikan sebagai tempat perjamuan dan pertemuan penting seperti kegiatan yang berkaitan dengan kebudayaan melayu. Rumah adat ini juga dibangun dengan arsitekstur panggung.

4. Rumah Bentang / Rumah Dayak

Tempat Wisata di Pontianak Rumah Bentang

Rumah Bentang memiliki rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia yang juga merupakan replika dari rumah suku Dayak yang berada di Kalimantan Barat. Rumah ini dibangun oleh pemerindah daerah di Jalan Sultan Syahrir dengan panjang mencapai 138 meter, lebar 5 meter dan tinggi mencapai 7 meter.

Rumah yang panjang ini disebabkan karena suku Dayak terbiasa hidup bersama dengan anggota keluarganya dalam satu rumah. Semakin banyak anggota keluarga, maka semakin panajng pula bangunan dari rumah bentang tersebut. Untuk pembagiannya sendiri, rumah bentang terdiri dari teras / pante, ruang selasar yang digunakan sebagai tempat berkumpul bersama anggota keluarga dan ruang tidur yang merupakan ruang khusus untuk setiap kepala keluarga.

5. Museum Kalbar

Tempat Wisata di Pontianak Museum Kalbar

Museum Kalimantan Barat terbagi menjadi 3 zona yang setiap zona memiliki koleksi yang berbeda-beda. Dimulai dari artefak yang ditemukan di Kalbar, koleksi benda pada era kerajaan Kalbar, kerajinan budaya suku Dayak sampai koleksi keramik yang berasal dari Cina. Museum Kalbar terdapat di Jalan Jendral Ahmad Yani, Pontianak.

6. Taman Alun-Alun Kapuas

Tempat Wisata di Pontianak Taman Alun-Alun Kapuas

Yang terakhir dari tempat wisata di Pontianak adalah taman alun-alun Kapuas yang tidak lepas dari keberadaan Sungai Kapuas yang dijadikan sebuah taman pada tepian pinggir sungai tersebut oleh pemerintah setempat. Melepas lelah setelah seharian berkeliling kota Pontianak, pada malam hari kalian dapat mengunjungi taman ini. Taman ini sendiri memiliki luas sekitar 3 hektar dan juga memiliki replika dari Tugu Khatulistiwa di salah satu sudut tamannya. Ada banyak bangku yang bisa kalian gunakan untuk bersantai setelah seharian berjalan berkeliling kota Pontianak.

Demikian artikel tentang Tempat Wisata di Pontianak, semoga kalian dapat menikmatinya dan buka juga artikel lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online