Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Aplikasi Sistem Informasi Geografis

Aplikasi Sistem Informasi Geografis

Aplikasi sistem informasi geografis terdiri dari beberapa macam, ada yang sederhana dan ada juga yang lumayan susah untuk dipelajari. Salah satu software GIS yang paling mudah untuk dipelajari adalah google earth. Pasti kalian sudah paham betul apa itu google earth. Pada software tersebut, kita dapat melihat bumi dari satelit. Selain hanya melihat permukaan bumi saja, kita juga dapat melihat permukaan bulan dan permukaan planet mars. Ada banyak sekali pengembangan dari software google earth, terutama dibidang GIS. Jika kalian pintar, kalian dapat mengambil data-data tertentu dari hanya tampilan google earth. Contohnya digitasi jalan, tempat dan lain-lainnya. Jadi jangan pernah untuk menyepelekan kemampuan dari google earth ya.

Aplikasi Sistem Informasi Geografis

Aplikasi lain yang terkenal untuk pemetaan adalah ArcView atau ArcGIS. Jika kalian mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan pemetaan, pasti kalian akan mempelajari tentang ArcGIS (Tergantung kampus juga) ada kampus-kampus tertentu juga yang belum mempelajari ArcGIS. Biasanya materi yang dipelajari tentang ArcGIS di masa perkuliahan hanyalah pemetaan permukaan dan mengambil data riil dari GPS kemudian mengolahnya pada ArcGIS, prosessing georef, digitasi jalan, pembuatan lain dan materi-materi dasar lainnya. Sebenarnya ArcGIS ini sangatlah kompleks jika ingin dipelajari lebih dalam, karena pada ArcGIS selain kita ingin mengolah data permukaan, kita juga daapt mengolah data bawah permukaan. Penasaran bagaimana? Ikuti saja terus perkembangan dari website ini.

Salah satu saingan dari ArcGIS adalah Mapinfo. Software ini sangat sering saya pakai jika berhubungan dengan dunia pertambangan. Terlebih lagi dengan bantuan plugin Discover Versi sekian-sekian (lupa) kalian dapat mengolah langsung data pengeboran dari data log yang sudah di proses sebelumnya. Melakukan korelasi data pengeboran dan mendapatkan angka-angka perkiraan cadangan. Sama seperti ArcGIS, pada kampus-kampus tertentu, materi yang di ajarkan hanyalah berupa membuat peta dan mengolahnya menjadi bentuk layout. Bahkan penampang otomatis pun jarang yang mengajarkannya sewaktu kuliah.

Aplikasi sistem informasi geografis terbaru yang sedang populer saat ini adalah Quantum GIS atau disebut juga dengan QGIS. Aplikasi ini bersifat open source dan hebatnya lagi adalah “GRATIS”. Jika mahasiswa mengdengar kata gratis, pasti sangatlah menarik. Aplikasi ini tidak kalah secara fungsional dibandingkan dibandingkan dengan ArcGIS dan Mapinfo. Tampilannya pun hampirlah mirip-mirip. Saya belum mengekplorasi secara jauh tentang aplikasi QGIS ini, hanya mencoba untuk membaut peta dan layout saja. Mungkin untuk tutorialnya akan saya berikan di kemudian hari.

Penggunaan aplikasi sistem informasi geografis semakin hari akan semakin berkembang, kita liat saja versi-versi yang sudah banyak keluar misalnya ArcGIS yang sudah mencapai versi 10.5 dan Mapinfo yang sudah keluar versi Mapinfo Profesional 15 (pada 2016). Belum lagi kemampuan cloud yang sudah dipersiapkan bagi publisher mapper sehingga kalian dapat menyimpan data peta kalian secara online dan dapat menglihatnya secara real time. Jangan pernah untuk malas belajar dan memulai, karena jika kita tidak pernah memulai, kita akan terus ketinggalan. Sekian pembahasan tentang Aplikasi Sistem Informasi Geografis, baca juga pembahasan lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online