Home / Ilmu Peta / Peta / Contoh-Contoh Peta Tematik

Contoh-Contoh Peta Tematik

Contoh-contoh peta tematik merupakan gambaran khusus dari penggunaan peta tematik itu sendiri. Jadi, jika kita ingin mengetahui apa saja contoh dari peta tematik, ada baiknya kalian terlebih dahulu mengenal apa itu peta tematik, dan untuk apa peta tematik itu dibuat. Peta tematik merupakan peta khusus yang dibuat dengan tema tertentu dan memiliki maksud tertentu dalam pembuatannya. Dalam hal ini, peta tematik merupakan peta khusus yang dibuat untuk keperluan tertentu. Misalnya saja untuk keperluan penggunaan lahan, transportasi, penduduk, sumber daya alam, bencana dan lain-lain. Ada banyak sekali contoh dari peta tematik tersebut. Saya hanya akan membahasanya secara singkat saja, untuk penjelasan lengkapnya akan saya bahas pada artikel yang lainnya.

Contoh-Contoh Peta Tematik

Adapun contoh-contoh dari peta tematik itu sendiri yang pernah saya pelajari sewaktu kuliah adalah :

  1. Peta Geomorfologi
    Peta Geomorfologi merupakan salah satu jenis dari peta tematik, karena dibuat untuk keperluan tertentu dan bidang tertentu saja. Peta Geomorfologi dibuat untuk membagi beberapa bentang alam berdasarkan klasifikasi tertentu.
  2. Liputan Lahan
    Hampir sama dengan pengertian diatas, hanya saja peta liputan lahan hanya menggambarkan penggunaan lahan.
  3. Lahan Basah
    Dari pengertiannya saja, pasti kalian akan langsung mengerti apa itu peta lahan basah. Peta lahan basah merupakan salah satu jenis peta tematik untuk keperluan pembagian lahan atau pengelompokkan lahan berdasarkan kandungan airnya. Baik itu bersifat permanen ataupun musiman.
  4. Kawasan Konservasi
    Peta ini dibuat untuk membagi daerah kawasan-kawasan hutan yang terbagi menjadi beberapa kawasan tertentu. Biasanya peta ini digunakan untuk daerah kawasan hutan oleh dinas kehutanan.
  5. Potensi Kawasan Lindung
    Sama seperti pengertian diatas, peta ini dibuat untuk membagi kawasan-kawasan tertentu, terutama kehutanan.
  6. Resiko Bencana
    Peta resiko bencana sering kita lihat diberita-berita. Dalam hal ini, peta ini dibaut untuk membagi daerah-daerah yang rawan terhadap bencana alam yang sering digunakan oleh BPBD.
  7. Sumber Daya Mineral
    Dari judulnya saja pasti kalian sudah tahu maksud dibuatnya peta ini. Peta ini membagi daerah-daerah yang ada berdasarkan potensi sumber daya alam yang dimilikinya. Baik yang sudah di explorasi maupun biasanya yang sudah di exploitasi.
  8. Sumber Daya Hutan
    Peta ini dibuat untuk membagi daerah-daerah yang memiliki potensi hutannya
  9. Peta Hidrologi
    Peta hidrologi dibuat untuk membagi kawasan tertentu yang memiliki potensi airnya, baik itu danau, sungai musiman, sungai permanen dan lain-lain.
  10. Sumber Daya Lahan
    Peta ini dibuat untuk memabgi sumber daya lahan yang ada didaerah tertentu berdasarkan penggunaan lahan didaerah tersebut.
Baca Juga :  Peta Asia Zaman Dahulu

Sekian pembahasan tentang Contoh-Contoh Peta Tematik, Ada banyak sekali jenis dari peta tematik, contohnya saja peta kriminal dan peta kesehatan dll. Mungkin pembahasan lengkapnya akan saya bahas pada artikel yang lainnya. Baca juga informasi menarik lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

Project Pengukuran Ke Halmahera Utara, Maluku Utara

Pada akhir bulan 7 tahun 2018 kemarin, saya mendapatkan tawaran job untuk pengukuran elevasi / …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seal Online