Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia

Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia

Daerah penghasil tembaga di Indonesia banyak yang mengira bahwa hanya terdapat di daerah Papua saja. Namun nyatanya, ada beberapa daerah lain yang juga mampu menghasilkan tembaga yang kemudian di export ke luar negeri, misalnya saja didaerah Cikotok, Jawa Barat dan beberapa daerah lainnya. Berdasarkan data peringkat di dunia, Indonesia berada di peringkat ke-7 dalam hal cadangan tembaga yang ada didunia, yaitu sebesar 4,1%. Sedangkan dari sisi produksi, Indonesia terdapat diperingkat ke-2 dengan total produksi sebesar 10,4% dari jumlah produksi tembaha diseluruh dunia. Berikut ini penjelasan dari daerah-daerah hasil tambang tembaga di Indonesia.

Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia

1. Cikotok, Jawa Barat

Lokasi Cikotok sendiri dapat ditempu antara 3-4 jam dari kota Serang dengan jarak sekitar 136 km. Pertambangan ini pertama kali diexplorasi pada tahun 1839 oleh pemerintahan Hindia Belanda, yang kemudian menjadi resmi membuka industri pertambangan tembaga pada tahun 1936-1939. Kemudian pada tahun 1939, pemerintahan Hindia Belanda mulai membangun pabrik pengolahannya sendiri dan terus berjalan hingga 1942. Melewati 1942, kawasan tambang tersebut dikuasai oleh Jepang hingga pada tahun 1945 hingga 1948, Daerah pertambangan tersebut dikuasai oleh Indonesia kembali karena kemerdekaan semasa itu. Hingga sampai saat ini, pertambangan Cikotok mulai redup dan memasuki masa pasca tambang dan akan ditutup dikemudian hari dalam waktu dekat.

Baca Juga :  Pulau Penghasil Timah di Indonesia

2. Kompara, Papua

Selain di Tembagapura, Papua juga memiliki daerah penghasil tembaga lainnya seperti yang ada di Kompara, Papua.

3. Sangkaropi, Sulawesi Selatan

Daerah lainnya yang menjadi daerah penghasil tembaga adalah Sangkaropi, Sulawesi Selatan. Daerah Sangkaropi tersusun oleh Batuan Vulkanik dengan pelapukan yang relatif cukup tinggi. Karena kaya akan Batuan Vulkaniknya, Sangkaropi terdapat bahan galian logam seperti tembaga dan juga emas. Menurut info yang beredar, perusahaan Anek Tambang juga pernah beroperasi didaerah ini di akhir 70-an.

Baca Juga :  Daerah Penghasil Aluminium di Indonesia

4. Wonogiri, Tirtamoyo, Jawa Tengah

Salah satu daerah penghasil tembaga lainnya adalah Wonogiri, Tirtamoyo, Jawa Tengah. Aktivitas penambangan sudah berjalan mulai tahun 2011 bersama-sama dengan tenaga pemahat dan belasan tenaga angkut yang berasal dari penduduk sekitar. Cara penambangan yang mereka lakukan adalah dengan membuat trowongan mendatar dengan panajng 54 meter dan vertikal sedalam 11 hingga 13 meter. Setiap bulan, penambangan ini menghasilkan 21 ton bahan batuan mentah yang mengandung tembaga yang akan di olah terlebih dahulu.

Baca Juga :  Pemanfaatan Dan Kegunaan Bauksit

Setelah diolah, tembaga yang dapat dihasilkan berkisar 1,8 ton tembaga murni setiap bulannya. Hasil tembaga mentah dikirim ke berbagai daerah untuk diolah kembali menjadi logam tembaga yang kemudian dibentuk menjadi berbagai jenis peralatan untuk keperluan industri dan umum. Selain beberapa daerah yang sudah saya sebutkan diatas, pertambangan tembaga di Indonesia juga terdapat didaerah lainnya seperti Jambi dan Sulawesi Tengah. Sekian pembahasan tentang Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia. Baca juga informasi menarik lainnya hanya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

2 comments

  1. Indonesia negara besar masih di peringkat 7 dunia untuk masalah tembaga ya, mungkin kurang di eksplore lagi bisa jadi Indonesia menjadi 3 besar dunia untuk tembaganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online