Home / Wisata / Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo berada di daerah Jogja tepatnya didaerah pantai selatan dari propinsi jogjakarta. Berada disepanjang muara dari Sungai Opak hingga ujung Pantai Parangtritis, padang pasir ini terbentang luas dengan beberapa gundukan-gundukan menyerupai bukit-bukit kecil.

Gumuk pasir ini terbentuk oleh proses alam yang sangat panjang dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Material yang berasal dari Sungai Opak, Sungai Progo serta dari hasil aktivitas Gunung Merapi telah sampai didaerah ini selama ribuan tahun yang lalu oleh perantara angin dan air. Berdasarkan info yang saya pelajari sewaktu kuliah dulu, daerah pantai ini kaya akan pasir besinya. Akibat proses yang panjang dan menerus, terbentuklah gundukan pasir yang seiring waktu semakin luas penyebarannya sepanjang Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Daerah Gumuk Pasir Parangkusumo mempunyai suhu yang sanagt ekstrim. Sewaktu siang hari, suhu panas dan sangat terik, namun pada nakan hari, suhu berubah menjadi sangat dingin. Daerah ini telah lama dijadikan sebagai objek wisata oleh pemerintah setempat, dan merupakan tempat salah satu legenda indonesia yang sangat terkenal “Nyi Roro Kidul” Konon katanya kamu tidak boleh memakai baju yang memiliki warna hijau dominan. Jika kamu memakai warna hijau, maka penglihatanmu akan di alihkan oleh jin-jin yang berada disekitar pantai dan tiba-tiba kamu sudah ada ditengah laut dan tenggelam.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Di daerah ini kalian juga dapat menikmati ski pasir atau disebut juga dengan Sandboarding. Kamu akan berada diketinggian gumuk pasir yang mencapai kurang lebih 20 meter dan meluncur sepanjang 200 meter. Alat-alat sudah disiapkan oleh panitia seperti alat pengaman siku, lutut dan helm. Sehingga kalian tidak usah cemas jika terjadi apa-apa, palingan kalian akan masuk kedalam pasir saja nantinya.

Seperti yang sudah saya katakan diatas, bahwa pada siang hari, suhu didaerah pantai ini cukup terik (berdasarkan pengalaman) sehingga ada baiknya kalian memakai topi sehingga kepala kalian tidak kepanasan. Saran saya, datanglah sekitar pukul 4 hingga 5 sore, kalian akan melihat betapa indahnya sunset dan gumuk pasir yang membentang secara luas.

Gumuk Pasir Parangkusumo pernah mendapat penghargaan dari Unesco World Heritage karena fenomena gumuk pasir ini sangat jarang terjadi dan hanya ditemukan satu-satunya di Asia Tenggara. Indonesia ini sangat luas dan keindahannya tanpa batas, coba sekali-kali kalian pergi ke pantai ini ya sobat! Sekian pembahasan tentang Gumuk Pasir Parangkusumo, baca juga pembahasan menarik lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online