Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Mengenal Openstreetmap Indonesia

Mengenal Openstreetmap Indonesia

OpenStreetMap Indonesia merupakan salah satu software yang berguna bagi kalian yang suka jalan-jalan ataupun touring. OpenStreetMap awalnya adalah sebuah proyek kolaborasi pembuatan peta dunia yang dapat diperbarui kapan saja. OpenStreetMap pada dasarnya adalah sebuah perusahaan yang mengumpulkan data mengenai peta dari seluruh dunia. Proyek ini dirintis oleh Steve Coast pada tahun 2004 di Inggris. Sejak saat itu OpenStreetMap terus berkembang hingga memiliki 1,6 juta kontributor yang tersebar di seluruh dunia. OpenStreetMap menghimpun data peta wilayah di seluruh dunia melalui informasi kontributor. Data peta ini terkumpul melalui kontributor OpenStreetMap yang juga tersebar di seluruh dunia termasuk kontributor OpenStreetMap Indonesia. Pendiri OpenStreetMap tergerak memulai proyek ini karena dua alasan. Pertama adalah terbatasnya ketersediaan informasi peta di sebagian besar wilaya dunia sekaligus penggunaanya. Kedua, berkembang pesatnya tekonologi satelit portable.

Mengenal Openstreetmap Indonesia

OpenStreetMap memiliki pengguna serta kontributor yang tersebar di seluruh dunia karena berbasis pada wilayah dan kondisi riil suatu wilayah. Data yang terhimpun dalam OpenStreetMap adalah data riil sesuai kondisi wilayah karena dihimpun oleh kontributor yang bisa jadi adalah pejalan kaki, pesepeda atau bahkan travelers. Pesepda yang kebetulan adalah kontributor dapat menyumbangkan data mengenai jalur sepeda di wilayahnya. Travelers dapat menghimpun data mengenai jalur wisata di daerah yang mungkin terpencil dan belum tercatat dalam peta manual. Kontributor lainnya yaitu para profesional GIS yang menyumbang data melalui peralatan yang disebut Esri. OpenStreetMap Indonesia misalnya, meyediakan sejumlah lapisan informasi seperti administrasi, jalan-jalan, perairan, serta garis pantai. Informasi peta wilayah kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Bandung dalam OpenStreetMap dinilai cukup baik untuk digunakan

Konsep OpenStreetMap yang penting diperhatikan adalah bersifat in progress. Sifat ini memungkinkan data bisa diperbarui setiap saat. Perbaruan yang dilakukan bisa berupa penambahan data maupun edit data. Perbaruan dilakukan setiap saat berdasarkan survey yang bisa dilakukan oleh pengguna maupun kontributor. Jangan dibayangkan survey dilakukan dengan menggunakan alat berat, survey dapat dilakukan dari ponsel yang memiliki perangkat GPS di dalamnya. Survey lapangan dapat dilakukan dengan sepeda, sepeda motor atau bahkan berjalan kaki. Pada wilayah-wilayah yang dapat dicapai oleh satelit maka tidak lagi diperlukan survey. Data survey lapangan dapat dikumpulkan ke dalam pangkalan data OpenStreetMap. Kontributor yang melakukan survey lapangan dapat mengedit data secara langsung namun ini juga tidak harus selalu dilakukan. Hal ini berlaku bagi seluruh kontributor OpenStreetMap termasuk OpenStreetMap Indonesia.

Penyuntingan data pada OpenStreetMap menjadi proses penting. Cara yang digunakan oleh OpenStreetMap untuk mengedit data yang terkumpul di pangkalan adalah menggunakan sebuah alat penyunting web bernama iD. iD merupakan aplikasi berbentuk HTML5 yang diproduksi oleh MapBox. Saat ini OpenStreetMap banyak dikenal dan digunakan oleh para peneliti rute atau perusahaan-perusahaan yang hendak membangun aplikasi rute.

OpenStreetMap serta para kontributornya juga memberikan bantuan di daerah-derah bencana dengan cara memberikan informasi rute yang bisa diakses oleh relawan. Seperti pada bencana gempa bumi di Haiti yang terjadi pada tahun 2010 lalu. Tertarik menggunakan OpenStreetMap?. OpenStreetMap Indonesia dapat diunduh dalam berbagai format data seperti OSM XML extract by country, Garmin Map Files, Shapefile extract by country, serta Tom Tom POI by country untuk platform iOS. Salah satu keunggulan OpenStreetMap adalah ukuran file yang lebih kecil sehingga cocok bagi perangkat portable seperti ponsel maunpun tablet. Data yang tersedia juga beragam tidak hanya informasi mengenai lokasi tempat dan jalan saja. Demikian pembahasan tentang Mengenal Openstreetmap Indonesia, baca juga pembahasan mengenai pemetaan lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online