Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Pengaruh Letak Geologis Indonesia Terhadap Kondisi Alam

Pengaruh Letak Geologis Indonesia Terhadap Kondisi Alam

Pengaruh letak geologis Indonesia secara umum sudah pernah saya bahas pada artikel yang sebelumnya. Akibat Indonesia diimpit oleh 3 buah lempeng, banyaknya gunungapi, memiliki dua dangkalan. Pasti hal-hal tersebut juga mempengaruhi kondisi alam di Indonesia. Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa dampak yang kita rasakan karena pengaruh dari hal-hal tersebut.

Berikut ini beberapa pengaruh letak geologis Indonesia.

  1. Indonesia memiliki banyak sekali gunung api yang aktif, bahkan sangking banyaknya, Indonesia menjadi negara nomor satu sebagai negara yang memiliki gunungapi aktif didunia.
  2. Indonesia yang merupakan bagian dari Sunda Land membuatnya terdiri dari beberapa daerah dangkal yang sangat berpotensi sebagai daerah penghasil minyak bumi, yaitu pada bagian barat dari Indonesia.
  3. Pengeboran minyak pada lepas pantai di Indonesia bagian barat cenderung lebih dangkal, sehingga dari aspek ekonomi menjadi sangat menguntungkan.
  4. Selain potensi minyak buminya, Indonesia juga kaya akan sumber daya alam seperti pertambangan emas, tembaga dan logam – logam lainnya.
  5. Akibat pertemuan 3 lempeng dan banyaknya gunung api aktif di Indonesia, membuat Indonesia menjadi daerah yang sangat rawan bencana seperti tsunami, gempabumi, letusan gunung berapi dll.
  6. Indonesia memiliki tanah yang subur, sehingga sangat berpotensi jika dikembangkan dalam hal pertanian dan kehutanan seperti jati dan lain-lain.
  7. Selain dari potensi alamnya saja, Indonesia juga kaya akan flora dan faunanya. Hal tersebut tidak lepas dari kondisi Indonesia yang terbagi menjadi dua dangkalan. Yaitu Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul.
  8. Sumber energi Geothermal yang besar juga menjadi salah satu potensi terbesar yang dimiliki oleh Indonesia karena banyaknya pergunungan api aktif di Indonesia.
  9. Potensi laut yang luas di Indonesia juga bisa dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga ombak yang saat ini sedang dikembangkan oleh dunia.

Jika kita berpikir sejenak, ada banyak sekali keuntungan dari letak geologis Indonesia tersebut, namun terlepas dari keuntungan tersebut, kita juga tidak boleh menyalahkan kondisi alam atas dampak-dampak negatif yang timbul sepeti bencana alam. Sekian pembahasan tentang Pengaruh Letak Geologis Indonesia Terhadap Kondisi Alam, baca juga pembahasan lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online