Home / Ilmu Peta / Tutorial & Software Pemetaan / Pengertian Pengindraan Jauh Serta Komponennya

Pengertian Pengindraan Jauh Serta Komponennya

Pengertian pengindraan jauh merupakan ilmu seni dan teknik usaha untuk mengetahui benda dengan cara penganalisisan objek serta arah objek yang dikaji kemudian di sebut sebagai pengertian pengindraan jauh. Hal ini di lakukan melalui jarak jauh menggunaka sensor buatan . ada beberapa istilah asing yang di gunakan untuk menyebut pengindraan jarak jauh. Di inggris pengindraan jarak jauh di sebut sebagai remote sensing. Teledection sebutan di prancis, di negara spanyol di sebut sebagai sensoria remote, jerman menyebut femerkundung, serta rusia yang menyebut pengindraan jarak jauh ini sebagai distansionaya. Lalu di indonesia terkenalnya juga sebagai remote sensing.

Pengertian Pengindraan Jauh Serta Komponennya

Pengertian pengindraan jarak jauh juga memiliki komponen yaitu sistem tenaga, sistem tenaga di sini memiliki dua sumber tenaga yang masing-masing adalah matahari dan sumber tenaga buatan. Sumbertenaga kedua di sini di gunakan sebagai pengganti sumber tenaga alami karena ketika matahari mulai terbenam maka akan mengguanakan sumber tenaga ke dua sebagai pengganti yang dapat di sebut sebagai tenaga pulsa. Pengindraan matahari ini terkenal sebagai sistem pasif dan sebaliknya . berikutnya adalah atmosfer , energi yang memasuki bumi tidak semuanya dapat masuk ke bumi yang menghambat adalah atmosfer yang bertugas memantulkan , menyerap serta meneruskan. Interaksi antara tenaga dan objek. Untuk merekam objek dibutuhkan wahana, tenaga alami atau buatan, objek yang di rekam, alat sensor, dan deteksi. Hal ini akan menyebabkan tenaga yang terpantul ke bumi atau objek akan memantul ke alat atau sensor. Sensor ini di bekali dengan detektor yang di pasangi whana seperti balon,satelit, pesawat. Wahana na adalah kendaraan yang memiliki fungsi sebagai kendaraan atau tempat penyimpan alat perekam. Pengindraan jauh di sini dapat di lakukan di angkasa ataupun di luarangkasa. Sehingga wahana ini di butuhkan sebagai pengangkut objek. Setiap wahana memiliki kerincian wahana yang berbeda , seperti pesawat terbang yang dapat di kembangkan karena dapat terbang di ketinggian yang berbeda. Sedangkan satrelit ini biasanya tergantung pada pixel dikarenakan ketinggian yang sudah di tentukan.

Sensor adalah alat yang mempunyai fungsi sebagai penerima tenaga pantulan ataupun pancaran yang di rekam detektor. Sensor ini juga sering di sebut sebagai alat perekam. Berdasarkan prosesnya sensor ini di bagi menjadi dua bagian yaitu sensor fotografik, sensor ini bekerja berdasarkan pada pantulan objek sedangkan detektornya adalah filem sehingga menghasilkan filem. Jika sensor ini di pasang pada pesawat udara maka akan menjadi foto udara namun jika di pasang pada stelit di sebut citra satelit. Biasanya sensor ini menggunakan kamera. Sensor elektronik ini di gunakan pada sistem nonfotografik dikarenakan proses perekaman objek tidak berdasar pembakaran. Karena sensor ini menggunakan sinyal yang di pancarkan dan di rekam oleh detektor. Data digital yang di peroleh setelah itu di pantulkan sebagai data visual dan data digital menggunakan komputer. Hal ini penunjukan bahwa pengertian pengindraan jarak jauh memiliki banyak komponen sebagai perantara.

Data yang di peroleh pengindraan jarak jauh dapat di peroleh melalui dua cara yaitu manual dan digital. Cara manualyaitu dengan cara interpretasi secara visual. Sedangkan digital dilakukan dengan komputer. Biasanya foto udara biasanya diinterpretasi secara manual. Setelah itu penggunaan data , penggunaan data adalah manusia atau suatau lembaga yang memakai data dari pengindraan jauh. Penggunaan data bermanfaat dalam berbagai bidan dan data si sini sangat di butuhkan oleh para pengguna pengindraan jarak jauh. Demikian pengertian pengindraan jauh dan komponennya. Baca juga pembahasan lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online