Home / Wisata / Seputar Potensi Laut Indonesia

Seputar Potensi Laut Indonesia

Potensi laut Indonesia dan peluangnya meliputi perikanan, pertambangan dan energi, perhubungan laut dan pariwisata bahari. Indonesia memiliki banyak wilayah laut, pesisir dan pulau-pulau kecil yang luas dan strategis. Kondisi geografis Indonesia yang sangat strategis yaitu antara lautan Pasifik dan lautan Hindia yang merupakan wilayah yang dinamis dalam bidang politik, pertahanan dan kemanan dunia. Laut Indonesia merupakan laut yang sangat luas yaitu sekitar 5,8 juta km² dengan garis pantai sepanjang 81.000 km, dengan potensi sumberdaya ikan diperkirakan sebanyak 6,4 juta ton per tahun yang tersebar di perairan wilayah Indonesia dan perairan ZEEI (Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia), yang terbagi dalam sembilan wilayah perairan utama Indonesia. Selain itu, potensi laut Indonesia juga memiliki pengembangan untuk budidaya seperti budidaya ikan, budidaya moluska dan budidaya rumput laut. Potensi laut Indonesia dalam bidang perikanan sangatlah bagus untuk memperbaiki perekonomian Indonesia karena diperkirakan mencapai USD 82 miliar per tahun. Sumbangan yang sangat berarti dari sumberdaya kelautan tersebut, antara lain kebutuhan dasar, peningkatan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, perolehan devisa dan pembangunan daerah.

Seputar Potensi Laut Indonesia

Potensi laut Indonesia yang lainnya adalah potensi sumber daya mineral diantaranya minyak, gas bumi, timah, emas, perak, pasir kuarsa, monazite, zircon, pasir besi, agregat bahan konstruksi, porporit, nodul, kerak mangan, kromit, gas biogenic kelautan dan mineral hydrothermal. Sumber daya mineral tersebut tersebar di seluruh laut Indonesia. Selain sumber daya mineral, laut Indonesia masioh memiliki sumber daya lain yaitu sumber daya energi yang berupa pasang surut, gelombang, angin dan OTEC (Ocean Thermal Energy Conversion).

Potensi laut Indonesia dalam bidang perhubungan laut, transportasi laut berperan sangat penting dalam dunia perdagangan internasional maupun domestik. Kemudian, potensi laut Indonesia yang menguntungkann lainnya yaitu potensi dalam bidang perhubungan laut. Pelabuhan merupakan pintu keluar masuknya kapal-kapal besar yang akan dikenakan tarif mahal untuk masuk dan keluar pelabuhan. Sehingga pelabuhan merupakan pusat aktivitas perekonomian kelautan. Sebenarnya masih ada cara agar pelabuhuhan berfungsi secara optimal. Caranya yaitu dengan melengkapi fasilitas yang ada di pelabuhan, meningkatkan teknologi yang digunakan, meningkatkan kualitas pelayanan pelabuhan.

Dengan berbagai perbaikan tersebut, pelabuhan dapat meningkatkan biaya masuk dan keluar pelabuhan. Angkatan laut nasional sebenarnya telah banyak berperan terhadap aspek keamanan untuk mempertahankan kedaulatan negara hingga perannya sebagai alat untuk mengurangi ketergantungan ekonomi dari negara maju. Sektor transportasi laut berperan untung menghubungkan pulau satu dengan pulau yang lainnya sehingga aktifitas perekonomian atau perdagangan dapat berjalan dengan lancar. Transportasi laut juga merupakan sarana untuk menghubungkan masyarakat satu dengan masyarakat yang lainnya yang berbeda pulau.

Potensi laut Indonesia memang sangat beragam. Selain yang sudah disebutkan di atas, potensi pariwisata bahari juga merupkan potensi yang sangat baik. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kepulauan terbesar nomor satu di dunia, namun dalam sektor pariwisata bahari belum berjalan secara optimal. Wisata bahari atau tirta adalah suatu usaha yang dilakukan untuk menyelenggarakan pariwisata dan olahraga air, termasuk menyediaan sarana dan prasarana serta usaha lainnya yang dikelola dalam bidang komersial di pantai, danau, perairan laut, waduk serta sungai. Dilihat dari potensi yang begitu banyak , dapat diperkirakan akan menghasilkan nilai ekonomi sebesar 20 miliar dolar AS setiap tahunnya. Angka tersebut menunjukan betapa besarnya potensi pariwisata perairan laut yang berada di Indonesia. Sekian pembahasan tentang Seputar Potensi Laut Indonesia, baca juga pembahasan lainnya di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online