Home / Wisata / Tentang Danau Tektonik Di Indonesia

Tentang Danau Tektonik Di Indonesia

Danau tektonik di Indonesia merupakan tempat wisata alam merupakan tempat yang paling tepat untuk dipilih saat kalian liburan bersama keluarga. Selain karena tempat wisata alam lebih terjangkau, kalian dan keluarga juga bisa menikmati indahnya pemandangan alam di tempat wisata tersebut serta sejuknya udara yang bisa membuat kalian sekeluarga merasa lebih rileks. Salah satu tempat wisata alam yang sering dipilih saat seseorang liburan bersama keluarga adalah danau. Kebanyakan orang memilih danau sebagai tempat yang tepat untuk piknik ataupun memancing, selain itu beberapa danau bahkan dilengkapi dengan atraksi atau wahana air sehingga kalian sekeluarga tidak akan bosan.

Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan danau? Secara harafiah pengertian danau adalah sebuah cekungan yang terbentuk di permukaan bumi dengan ukuran yang cukup luas dan kemudian digenangi oleh air. Hampir seluruh Negara di dunia memiliki danau baik yang terbentuk secara alami maupun danau buatan tak terkecuali di Negara Indonesia. Ada 3 jenis danau yang terbentuk secara alami yaitu danau tektonik, danau karst, dan danau tektonik. Saat ini yang akan dibahas adalah tentang danau tektonik di Indonesia.

Indonesia adalah Negara republic yang terdiri dari ribuan pulau dan di setiap pulau selalu ada tempat wisata alam yang sering menjadi tujuan wisata banyak orang dan salah satu tempat tersebut adalah danau. Indonesia memang memiliki banyak danau mulai dari danau vulkanik, danau tektonik, dan danau karst ada di Indonesia. Jenis danau yang paling banyak ditemui di Indonesia adalah danau tektonik. Berikut adalah beberapa contoh danau tektonik di indonesia yang bisa kalian kunjungi:

  1. Danau Toba
  2. Danau Tempe
  3. Danau Singkarak,
  4. Danau Poso
  5. Danau Maninjau
  6. Danau Tondano

tentang-danau-tektonik-di-indonesia

Itulah beberapa danau tektonik di indonesia yang bisa menjadi tempat referensi liburan kalian, ada baiknya kalian mengetahui info tentang danau tektonik untuk menambah pengetahuan kalian. Dalam pembahasan di atas telah disebutkan bahwa setiap danau dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan cara terbentuknya. Karena saat ini yang sedang dibahas adalah danau tektonik maka akan dijelaskan tentang bagaimana cara danau tektonik bisa terbentuk. Danau tektonik terbentuk karena adanya gerak tektonik atau gerakan yang disebabkan karena pergeseran lapisan kulit bumi sehingga menimbulkan cekungan yang cukup besar pada kulit bumi. Cekungan tersebut kemudian terisi oleh air hujan dan dari sumber lain seperti resapan air tanah atau terbendungnya aliran sungai yang membuat air terkumpul di cekungan tersebut sehingga terbentuklah danau. Kalian bisa menjumpai banyak danau tektonik di Indonesia karena lapisan kulit bumi yang ada di Indonesia termasuk lapisan kulit bumi yang paling aktif bergerak hingga membuat banyak danau terbentuk di berbagai daerah di Indonesia.

Bila kalian mencari danau tektonik di indonesia yang cocok untuk dijadikan tempat liburan maka danau Toba adalah pilihan yang paling tepat. Danau Toba memang termasuk danau yang paling indah karena menampilkan pemandangan yang unik bukan hanya itu saja, danau ini juga memiliki pulau yang berada di tengah-tengah danau tersebut. Pulau yang berada di tengah danau Toba dinamakan pulau Samosir. Danau Toba sangat terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga di mancanegara, salah satu alasan kenapa danau tersebut terkenal selain karena cara terbentuknya dan pemandangan indah yang ditawarkan adalah legenda yang menceritakan terbentuknya danau. Legenda terbentuknya danau Toba tersebut sering dijadikan bahan pembelajaran karena mengandung pesan dan nilai moral yang penting. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan danau Toba sebagai tempat destinasi wisata kalian sebab danau tersebut menawarkan keindahan, udara yang sejuk, dan keunikan tersendiri yang tidak akan kalian temukan di danau lainnya.

Sekian pembahasan tentang Tentang Danau Tektonik Di Indonesia, baca juga pembahasan menarik lainnya tentang Tambang Emas Martabe di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online