Home / Wisata / Terumbu Karang Terbesar di Dunia

Terumbu Karang Terbesar di Dunia

Terumbu karang terbesar di dunia terdapat di Australia. Kumpulan terumbu karang ini dikenal juga dengan sebutan Great Barrier Reef yang saat ini telah menjadi salah satu objek wisata dunia. Jika kita berada ditengah-tengah negara Australia, kita terlebih dahulu harus pergi kesebelah timur dari negara bagian Australia, Queensland.

Berdasarkan data dari UNESCO, The Great Barrier Reef memiliki kurang lebih 3.000 karang serta 900 pulau yang tidak akan sempat dikunjui dalam waktu 1 hari saja. Selain jumlahnya yang mencapai hingga 3 ribu karang, terumbu karang ini juga memiliki luas sepanjang 2.600 meter yang membentang luas dari laut timur Australia. Sangking luasnya, The Great Barrier Reef bisa kelihatan dari luar angkasa yang berkumpul menjadi struktur tunggal terbesar yang ada di planet bumi ini.

Dan yang uniknya lagi adalah, struktur tersebut dibuat oleh kumpulan organisme hidup oleh milyaran organisme kecil-kecil yang disebut juga dengan polyps karang. Organisme yang berkumpul mencapai 400 jenis karang, 1.500 spesies ikan serta 4.000 jenis moluska yang berkumpul didaerah terumbu karang terbesar di dunia ini. Wilayah ini menjadi tempat berkumpulnya ikan-ikan yang terancam punah seperti clownfish yang menjadi salah satu bintang film Finding Nemo.

terumbu-karang-terbesar-di-dunia

Terumbu karang ini juga telah menjadi salah satu situs warisan dunia dan juga telah menjadi ikon dari negara bagian Queensland. Akibat hal tersebut, daerah ini menjadi sangat terkenal dan selalu dikunjungi wisatawan asing setiap harinya. Dampak dari hal tersebut adalah terangkatnya ekonomi penduduk sekitar karena dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Berdasarkan data-data yang tersebar di internet, The Great Barrier Reef ini menghasilkan lebih dari $ 3 milyar dollar pertahun dengan jumlah pengujung mencapai 2 juta orang setiap tahunnya.

Sekian pembahasan tentang Terumbu Karang Terbesar di Dunia, baca juga pembahasan lainnya tentang Jelaskan Usaha Mitigasi Tanah Longsor Pada Tahap Bencana di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online