Home / Ilmu Peta / Alat Pemetaan / Alat Pengukur Sudut Macamnya Dan Kegunaannya

Alat Pengukur Sudut Macamnya Dan Kegunaannya

Alat pengukur sudut merupakan salat satu alat untuk menentukan ukuran geometris baik itu dalam sebuah benda ataupun ruangan. Untuk mengukur secara geometris memang tidak hanya akan ada ukuran panjang yang akan kita ukur, namun juga kita akan melakukan pengukuran sudut juga. Dengan menggunakan alat untuk pengukur sudut maka kita akan mendapatkan ukuran sudut yang sesuai dibandingkan dengan kita melakukan pengukuran sudut mengunakan alat untuk pengukur sudut manual. Beberapa alat untuk pengukur sudut juga sudah banyak saat ini.

Kebanyakan orang yang bekerja di konstruksi pasti paham dengan alat untuk pengukur sudut dan juga bagaimana cara penggunaan dari alat untuk pengukur sudut itu sendiri. Karena jenis dari alat untuk pengukur sudut ini sangat banyak, maka kita di dalam memilih alat untuk pengukur sudut yang akan kita gunakan harus sesuai dengan kegunaan yang kita inginkan dari menggunakan alat untuk pengukur sudut tersebut.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Theodolit Untuk Pemula

Untuk pilihan alat pengukur sudut memang sekarang sudah semakin banyak pilihannya. Sama seperti pengukuran panjang untuk pengukuran sudut juga ada satuannya sendiri. Untuk alat untuk pengukur sudut akan mempunyai satuan sendiri berupa derajat. Untuk satuan sudut yang berupa derajat ini mempunyai acuan dari satuan inchi. Untuk sistem metrik satuan sudut adalah radian. Dalam melakukan pengukuran sudut dengan alat untuk pengukur sudut, ada beberapa alat untuk pengukur sudut yang akan bisa dibaca langsung hasil pengukurannya.

Ada juga beberapa alat untuk pengukur sudut yang tidak bisa langsung dibaca pengukuran sudutnya dan membutukan bantuan alat yang lainnya untuk membantu membaca hasil pengukuran sudut tersebut. Karena memang banyak jenis dari alat untuk pengukur sudut yang ada saat ini, maka kita harus pandai dalam menentukan alat untuk pengukur sudut yang akan kita gunakan.

alat-pengukur-sudut-macamnya-dan-kegunaannya

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas alat pengukur sudut yang akan bisa dibaca langsung hasilnya. Dengan menggunakan alat untuk pengukur sudut memang akan membuat pengukuran sudut yang akan kita lakukan dengan alat untuk pengukur sudut yang bisa dibaca langsung hasilnya menjadi sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Berikut ini beberapa alat untuk pengukur sudut yang bisa langsung dilihat hasil pengukurannya, diantaranya adalah :

Baca Juga :  Jenis-Jenis Batu Mengandung Emas
  1. Busur baja (protactor). Alat untuk pengukur sudut yang satu ini merupakan salah satu alat untuk pengukur sudut yang akan bisa kita lihat hasil pengukurannya secara langsung. Alat untuk pengukur sudut ini mempunyai bentuk setengah lingkaran dan diberi batang sebagai pegangan dan juga pengunci dari alat untuk pengukur sudut ketika akan digunakan. Untuk bagian yang setengah lingkaran biasanya disebut sebagai piringan skala utama. Antara skala utama dan pegangan alat untuk pengukur sudut terdapat pengunci yang akan mematikan gerakan skala utama saat melakukan pengukuran.
  2. Busur bilah. Alat untuk pengukur sudut penggunaannya lebih luas dibandingkan dengan alat untuk pengukur sudut busur baja. Pada alat untuk pengukur sudut ini ada skala nonius yang akan membuat alat untuk pengukur sudut ini tepat dalam melakukan pengukuran. Dengan menggunakan skala nonius yang ada di alat untuk pengukur sudut akan menyebabkan ketelitian dalam menggunakan alat untuk pengukur sudut hanya bisa kita lakukan selama 5 menit saja.

Beberapa alat pengukur sudut yang ada diatas merupakan jenis alat untuk pengukur sudut yang bisa kita lihat hasilnya. Masih banyak jenis alat untuk pengukur sudut yang bisa kita langsung lihat hasilnya seperti proyektor bentuk dan beberapa jenis alat untuk pengukur sudut yang tidak bisa kita lihat langsung hasilnya.  Sekian pembahasan tentang Alat Pengukur Sudut Macamnya Dan Kegunaannya, baca juge pembahasan lainnya tentang Alat Ukur Ketinggian Dari Permukaan Laut di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online