Home / Ilmu Peta / Alat Pemetaan / Alat Ukur Ketinggian Dari Permukaan Laut

Alat Ukur Ketinggian Dari Permukaan Laut

Jenis alat ukur ketinggian yang ada saat ini memang sudah banyak jenisnya. Kebanyakan alat untuk ukur ketinggian memang menggunakan sistem mikrokontroller yang akan membuat alat untuk ukur ketinggian bisa melakukan pengukuran ketinggian dengan tepat. Dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi yang ada saat ini memang alat untuk ukur ketinggian tidak hanya bisa kta lihat wujudnya. Namun ada beberapa alat untuk ukur ketinggian yang merupakan ciptaan dari teknologi yang semakin berkembang saat ini.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Theodolit Untuk Pemula

Untuk bisa melakukan pengukuran ketinggian tempat kita berada kita sekarang sudah bisa menggunakan cara ukur ketinggian menggunakan sistem online. Untuk lebih jelas berkaitan dengan cara melakukan ukur ketinggian menggunakan sistem online berikut langkah-langkahnya :

  1. Untuk bisa melakukan ukur ketinggian maka kita bisa membukan situs http://mapcoordinates.net/en.
  2. Silahkan untuk mengetik nama lokasi yang akan kita ukur ketinggiannya.
  3. Untuk lebih memastikan tempat yang akan kita ukur ketinggiannya, maka kita bisa melakukan zoom pada tempat yang telah kita ketik tersebut.
  4. Kalau sudah di zoom nantinya akan ada tampilan latitude, longitude, dan juga sea level atau altitude. Untuk sea level atau altitude sama dengan ketinggian dari permukaan laut atau biasa kita kenal dengan DPL.

Selain menggunakan alat ukur ketinggian yang tersambung secara online, kita juga bisa menggunakan aplikasi GPS yang ada di smartphone atau mobil kita sebagai alat untuk ukur ketinggian dari bawah permukaan air laut. Untuk rekomendasi aplikasi GPS yang bisa kita gunakan untuk ukur ketinggian adalah navitel. Selain ada navitel masih banyak aplikasi GPS yang lainnya yang akan bisa kita gunakan sebagai alat untuk ukur ketinggian.

Dengan kita menggunakan cara untuk ukur ketinggian menggunakan sistem online maupun dengan aplikasi GPS akan sangat memudahkan bagi kita yang akan melakukan usaha pertanian dan menentukan apa dan tanaman yang cocok untuk kita tanam berdasarkan ketinggian tempat yang kita ukur menggunakan alat untuk ukur ketinggian baik itu secara online maupun menggunakan aplikasi GPS.
Selain ada dua alat ukur ketinggian modern yang ada diatas, masih ada banyak sekali alat untuk ukur ketinggian yang bisa kita lihat langsung wujudnya.

alat-ukur-ketinggian

Kebanyakan orang akan menggunakan alat untuk ukur ketinggian berupa altimeter. Untuk altimeter sendiri merupakan alat untuk ukur ketinggian dari permukaan air laut. Kebanyakn orang yang menggunakan alat untuk ukur ketinggian ini merupakan orang yang akan melakukan kegiatan pendakian, penerbangan ataupun kegiatan yang lainnya yang masih ada hubungannya dengan ketinggian suatu tempat.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Total Station Dengan Cepat

Dalam melakukan kerjanya, altimeter menggunakan bebera prinsip dalam melakukan ukur ketinggian. Berikut ini prinsip ukur ketinggian yang ada di alat untuk ukur ketinggian altimeter, diantaranya adalah :

  1. Altimeter akan bekerja berdasarkan tekanan udara yang ada di tempat tersebut. Untuk prinsip ini merupakan prinsip yang paling banyak digunakan.
  2. Menggunakan prinsip magnet bumi.
  3. Menggunakan arahan dari sinar ultrasonik, inframerah ataupun yang lainnya.
Baca Juga :  Jenis-Jenis Batu Mengandung Emas

Untuk lebih memperjelas berkaitan dengan alat ukur ketinggian altimeter, ada beberapa jenis alat untuk ukur ketinggian altimeter yang akan mudah kita temukan di pasaran. Berikut ini ada beberapa jenis altimeter yang ada di pasaran, diantaranya adalah ;

  1. Altimeter tekanan. Kebanyakan alat untuk ukur ketinggian altimeter jenis ini akan digunakan untuk melakukan pengukuran jarak ketinggian sebuah pesawat dari permukaan laut.
  2. Altimeter radar. Untuk alat untuk ukur ketinggian biasanya akan digunakan sebagai pemancar sinyal radio.
  3. Altimeter laser. Alat untuk ukur ketinggian yang satu ini akan bekerja dengan memanfaatkan adanya sinar laser.

Sekian pembahasan kita tentang Alat Ukur Ketinggian Dari Permukaan Laut, semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan baca juga informasi tentang Cara Menggunakan Theodolit Untuk Pemula di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

letak-astronomis-benua-antartika

Letak Astronomis Benua Antartika

Letak astronomis benua Antartika ini yaitu 66,5 LS – 90 LS, dan terletak pada lingkar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online