Home / Earth Science / Ilmu Batuan / Batu Ruby Memiliki Harga yang Bervariasi

Batu Ruby Memiliki Harga yang Bervariasi

Batu Ruby tergolong batu mulia langka dan mahal, batu jenis ini memiliki tingkat kekerasan yang hampir setara dengan berlian, yaitu 9.0 Mohs. Kepadatannya yang kuat inilah yang membuat batu ruby ini banyak diburu. Namun, jika anda tertarik membelinya, jangan sampai terkecoh oleh tampilan luarnya saja. Cara yang paling mudah untuk memeriksa keaslian ruby adalah dengan menggoreskan pinggiran batu ke kaca. Jika asli, batu tidak akan tergores, justru kacalah yang akan menampakkan garis-garis bekas goresan. Hal ini sebagai bukti bahwa kepadatan batu lebih tebal dari kaca. Harga jual batu ini sangat tinggi. Tergantung dari karakteristik dan corak warnanya. Jenis ruby yang paling banyak disukai para kolektor adalah batu warna merah daging. Hal ini dikarenakan warna merah daging merupakan lambing rasa cinta yang begitu dalam, sehingga banyak dicari pasangan-pasangan yang hendak menikah.

batu-ruby-memiliki-harga-yang-bervariasi

Harga Batu Ruby yang dijual di pasaran berbeda. Oleh karena itu, diperlukan kejelian yang tinggi supaya anda tidak mudah tertipu. Jika anda bukan orang yang professional dan berpengalaman, mencari batu ini sendirian di alam adalah sesuatu yang tidak mungkin. Sehingga hal yang paling memungkinkan adalah membelinya ke para penjual. Dalam berburu batu ini di pasar, ada ciri-ciri yang harus anda perhatikan. Ciri pertama adalah pantulan cahaya. Batu ruby terkenal dengan dengan pantulan cahaya yang cantik seperti pancaran bintang.

Harga batu ini bisa dibandrol seharga dua jutaan rupiah per centimeternya. Harga ini tentu masuk akal karena untuk batu kualitas bagus dan kualitas tinggi, diperlukan harga tinggi pula karena pemotongannya lumayan rumit. Selain pantulan bintang, batu ruby juga bisa memancarkan sinar tiga sudut yang tidak kalah indah. Ruby sinar bintang berwarna merah telah lama diyakini memiliki kandungan sihir yang bisa memberikan aura positif bagi pemiliknya. Masyarakat kuno percaya bahwa jika batu ini digosok-gosokkan kekulit bisa membuat umur panjang dan awet muda.

Baca Juga :  Batu Akik Zamrud Yang Mewah Dan Indah

Harga Batu Ruby di setiap tempat berbeda-beda, tergantung nilai tukar mata uangnya terhadap kurs dollar. Batu ini sudah sejak lama memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia. Batu jenis ini dipercaya memiliki efek positif dan sifat mistis. Selain itu batu ini juga dipercaya bisa menjaga kesehatan mental dan fisik. Seseorang Tsar dari Rusia, Ivan the terrible, pernah mengatakan bahwa Batu Rubi sangat baik untuk jantung, otak dan daya ingat. Sejak dulu, sekitar abad 13 batu rubi telah dimanfaatkan untuk menyembuhkan masalah hati dengan meleburnya menjadi bubuk. Seiring berkembangnya waktu, pada abad 15-16, rubi dipercaya dapat menetralisir racun. Batu alam ini memang dikenal dengan segudang manfaat yang terkandung di dalamnya. Apa saja manfaat yang dihasilkan? Berikut penjelasannya.

Meski harga Batu Ruby ini tergolong mahal, manfaat yang bisa diberikan adalah energy, ghairah, kekuatan, cinta dan semangat hidup. Batu ini sudah lama digunakan sebagai symbol kesempurnaan untuk mengungkapkan perasaan. Kepercayaan ini sudah berlangsung sejak ribuan tahun silam. Di samping itu, batu ini juga dikenal dapat mengembalikan kekuatan dan keberanian bagi pemakainya. Kedua, batu ini diperkirakan bisa memberikan keseimbangan dan energi, menstimulasi cakra jantung dan mendorong semangat hidup seseorang. Dalam ranah medis batu alam ini biasa digunakan untuk mendetoksifikasi darah dalam tubuh, mengobati demam, penyakit dan penumbatan aliran darah. Bisa dikatakan batu ini sangat baik untuk jantung dan system peredaran darah yang dapat merangsang adrenalin, ginjal, organ reproduksi serta limpa. Sekian pembahasan tentang Batu Ruby Memiliki Harga yang Bervariasi, baca juga pembahasan menarik lainnya tentang Batu Topaz : Cerita dan Fakta di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Abdi Maulana
Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online