Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Batubara Digunakan Sebagai Bahan Bakar

Batubara Digunakan Sebagai Bahan Bakar

Batubara digunakan sebagai bahan bakar adalah hal yang sangat umum bagi kita untuk mengetahui bahwa batubara adalah suatu sumber daya alam yang memiliki peran yang sangat penting dibidang energi dan aktivitas kita sehari-hari. Tanpa adanya batubara, listrik dirumah, internet, makanan ringan yang kita makan tidak akan pernah ada. Secara tidak langsung peran batubara berkaitan dengan itu semua.

Dijaman sekarang ini, peran batubara digunakan sebagai bahan bakar masih lah sangat vitalm terutama pada sektor-sektor seperti pembangkit listrik, industri tekstil, bahan untuk pembuatan logam atau tungku pemanas dan juga kereta uap yang masih menggunakan batubara. Jenis batubara dari kualitas terendah sampai tertinggi terbagi menjadi 5, yaitu

  1. Peat
  2. Lignit
  3. Sub-bituminous
  4. Bituminous
  5. Dan Antracite

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya diatas, kegunaan batubara sangatlah banyak, yaitu mencakup :

  1. Sumber Tenaga / Resource Pembangkit Listrik
    di China, batubara merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting dan menjadi bahan bakar utama pada alat pembangkit listrik mereka, diikuti oleh India, Australia, Jerman dan Jepang. Prosesnya adalah, batubara diubah menjadi uap panas yang kemudian akan menggerakkan turbin-turbin atau generator untuk pembangkit listrik. Batubara yang hitam dan luar biasa ini akan dipecah atau dihancurkan menjadi bubuk bubuk halus yang kemudian akan dibakar di mesin yang memiliki sistem ketel uap. Uap dari sistem ketel uap tersebut akan disalurkan lagi ke turbin yang memiliki magnet didalamnya. Magnet yang berada didalam tersebut akan menghasilkan listrik yang kemudian disalurkan kepada alat-alat yang memerlukannya.
  2. Batubara Digunakan Sebagai Bahan Bakar Cair
    Diluar negeri sana, batubara diubah terlebih dahulu kedalam bentuk cair yang ternyata sangat efektif sebagai pengganti bahan bakar minyak. Batubara cair ini ternyata memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan bahan bakar minyak yang ada pada saat ini. Negara yang sudah memakai konsep ini adalah Afrika. Negara Afrika saat ini sedang kekurangan minyak, sehingga ide kreatif ini sangat bermanfaat bagi mereka.
  3. Batubara Juga Menghasilkan GAS
    Batubara yang ada didalam tanah dapat menghasilkan GAS yang disebut juga dengan COAL BED METHANE atau CBM adalah gas yang dihasilkan oleh batubara yang masih ada didalam tanah. Proses ektrasinya harus memerlukan alat khusus, sehingga gas tersebut tidak bermigrasi ke perangkap lainnya. Sudah banyak negara-negara yang menghasilkan CBM dan dipakai diindustri ataupun pabrik mereka, contohnya saja China, India, Jepang, Australia dan terakhir adalah Indonesia yang sedang mengaplikasikan teknologi tersebut.
  4. Industri Logam
    Sebuah logam tidak dapat terbentuk jika tidak memiliki suhu panas yang sangat tinggi, sehingga memerlukan batubara sebagai media yang mampu menghasilkan panas untuk membentuk sebuah logam. Bahan-bahan mentah seperti tembaga dan bauksit memerlukan panas dari batubara untuk mengolahnya menjadi suatu benda.
  5. Batubara Digunakan Sebagai Bahan Bakar Industri Semen
    Panas dari batubara yang dapat mencapai hingga 1500 derajat celcius diperlukan oleh industri seperti pabrik semen, tanpa adanya batubara, semen tidak dapat diolah pada mesin-mesin yang memerlukan uap yang tinggi untuk menggerakan turbin dan juga generator disebuah pabrik semen.
  6. Batubara Digunakan Sebagai Bahan Bakar Pemanas Ruangan
    Diluar negeri sana, masih banyak orang yang memakai batubara sebagai pemasan ruangan, hal tersebut karena daerah mereka yang dingin, sehingga ada perusahaan tertentu yang bergerak disektor pemasan ruangan yang menggunakan batubara sebagai bahan bakarnya.

Sekian pembahasan tentang Batubara digunakan sebagai bahan bakar, baca juga pembahasan lainnya tentang Tenaga Endogen Dan Eksogen di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2018

Harga GPS Garmin 2018 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin luangkanlah …

One comment

  1. PT. INDIRA DWI MITRA
    Jl.Dewi Sartika No.01, Lebakwangi, Kec. Sepatan Timur, Tangerang – Banten 15520

    RATMAN
    Phone : 021-22259 400
    Fax : 021-59371 687
    Mobile : 0813 8866 6204 (WA)
    Email : [email protected]
    Email : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online