Home / Earth Science / Ilmu Kebumian / Bentang Alam Kawasan Asia Tenggara

Bentang Alam Kawasan Asia Tenggara

Bentang alam kawasan Asia Tenggara yang menkajubkan belum di ketahui oleh banyak orang, Asia Tenggara adalah salah satu kawasan yang berada di sebelah tenggara benua Asia, kawasan Asia Tenggara ini memiliki luas wilayah daratan 4.817.000 km2 serta perairan laut Asia Tenggara sekitar kurang lebih 5.060.100 km2. Kawasan ini terdiri atas Negara Malaysia, Indonesia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Myanmar, Laos, Kampuchea, serta Vietnam. Terkadang Negara Timor Leste yang dulu merupkan bagian dari wilayah Indonesia dianggap masih masuk dalam kawasan asia tenggara.

bentang-alam-kawasan-asia-tenggara

Jika dilihat secara astronomis, maka Asia Tenggara berada di antara 28OLU -11OLS serta 95OBT – 141OBT sehingga membuat kawasan ini memiliki banyak hutan tropis. Batas-batas administrasi bagi bentang alam kawasan Asia Tenggara adalah sebagai berikut :

  1. Pada sebelah timur berbatasan dengan samudra Pasifik serta Papua Nugini.
  2. Pada sebelah utara berbatasan debfa daratan Cina serta India.
  3. Pada sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia, Laut Andaman, serta Teluk Benggala.

Negara yang paling luas yang ada di kawasan Asia Tenggara adalah Negara Indonesia, dengan luas 4.919.443 km2. Sedangakan Negara yang memiliki wilayah yang paling kecil adalah Negara Singapura dengan luas wilayahnya hanya 622 km2. Bentang alam kawasan Asia Tenggara terdiri atas daratan untama atau mainland serta pulau-pulau yang berdekatan dengannya. Daratan utama yang ada di Asia Tenggara berbentuk semenanjung dan dikenal dengan sebutan Indo-Cina. Bentang alam yang paling umum nampak di kawasan Asia Tenggara ini adalah perbukitan, pegunungan, dataran tinggi, serta dataran rendah.

Tidak semua kawasan Asia Tenggara terdapat gunung api, gunung berapi hanya dijumpai di wilayah Negara Indonesia yaitu Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara , Sulawesi, serta Muluku. Serta yang kedua adalah wilayah Filipina. Bentang alam kawasan Asia Tenggara terbagi menjadi 2 bagian utama yaitu : yang pertama, daratan yang berbentuk semenandung dengan wilayah yang meliputinya adalah Myanmar, Tahiland, Laos, Kampuchea, Vietnam, serta Malaysia bagian barat. Kemudian yang kedua adalah daratan yang berbentuk gugusan kepulauan yang meliputi Filiphina, Indonesia, Malaysia bagian timur, Singapura, Timor Leste, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga :  Sebab Dan Proses Terjadinya Petir Secara Fisika

Jika dilihat dari garis lintangnya, maka kawasan Asia Tenggara memiliki iklim tropis. Curah hujan yang tinggi pada kawasan ini dikarenakan pengaruh dari adanya angina muson barat yang tejadi. Suhu udara panas pada kawasan ini diakibatkan karena lokasinya yang berada di dekat garis equator. Kawasan Asia Tenggara juga diketahui memiliki iklim fisis, dimana iklim tersebut dibagi menjadi tiga bagian. Iklim yang pertama adalah iklim ikan laut yang merupakan suatu iklim yang dipengaruhi oleh angin laut. hal ini terjadi dikarenakan Asia Tenggara dikelilingi oleh laut yang begitu luas.

Iklim yang kedua adalah iklim gunung yang merupakan iklim yang dipengaruhi oleh adanya gunung-gunung yang menjulang tinggi. Kemudian iklim yang ketiga adalah iklim dataran rendah yang merupakan sebuah iklim yang dipengaruhi oleh adanya daratan yang rendah yang tersebar pada kawasan Asia Tenggara. Pegunungan terbagi menjadi 2 tipe yaitu pegunungan lipatan tua (Bilauktaung di Tahiland, Annam di Vietnam, Titi wangsa di Malaysia, Muller di Indonesia, Tenasserim di Tahiland, Barat di Tahiland, dan Gajah di Kampuchea) serta pegunungan lipatan muda (Arakan Yoma di Myanmar, Bukit Barisan di Indonesia, Crocker di Malaysia, Kapuas Hulu di Malysia, Sudirman di Indonesia, Zambales di Filipina, Cordillera Tengah di Filipina,Sierra Madre di Filipina dan Diunata di Filipina). Dangkalan benua ada 2 yaitu dangkalan Sunda dan Sahul. Sekian pembahasan tentang Bentang Alam Kawasan Asia Tenggara, baca juga pembahasan lainnya tentang Pengertian Erupsi Sentral di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online