Home / Ilmu Peta / Peta / Cara Membuat Peta Kontur

Cara Membuat Peta Kontur

Cara membuat peta kontur tentu hal yang asing di telinga bukan? Kalian bahkan mungkin tidak familiar dengan istilah itu. Jadi sebenarnya apakah garis kontur itu? Garis kontur merupakan sebuah garis penghubung titik-titik. Dengan ketinggian yang sama antara bidang yang satu dengan bidang yang lain. Sebagai contoh adalah saat menggambar gunung. Gunung merupakan dataran yang biasanya lebih tinggi dari daerah di sekitarnya. Ini tentu membuat perbedaan tinggi antara kaki gunung dengan puncak gunung. Garis kontur biasanya akan menggambarkan bentuk dari gunung itu jika terlihat dari atas. Dengan menggambarkan lekuk gunung dengan ketinggian yang sama. Seperti yang kita tahu bahwa peta merupakan permukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang. Dengan menggunakan skala tertentu serta dilengkapi berbagai symbol-simbol lainya. Gambaran permukaan bumi ini biasanya sering digambarkan pada bidang datar. Padahal kalian tahu bahwa permukaan bumi tidaklah datar.

cara-membuat-peta-kontur

Disinilah peran garis kontur dibutuhkan dalam peta. Garis ini akan membantu kalian dalam pemberian informasi tentang bentuk permukaan bumi yang tidak datar. Informasi ini biasa disajikan dalam bentuk garis-garis pada peta. Suatu daerah yang semakin curam akan membuat garis kontur semakin rapat. Inilah yang dijadikan acuan cara membuat peta kontur. Sebelum mengetahui cara membuat peta kontur kalian harus memahami ciri garis kontur. Biasanya satu garis kontur merupakan perwakilan wilayah dengan ketinggian tertentu. Garis kontur untuk wilayah renadah akan mengelilingi garis kontur wilayah yang lebih tinggi. Garis ini tidak bercabang serta memiliki skala 1:2000. Garis kontur yang rapat mengartikan bahwa permukaan bumi itu termasuk curam/terjal. Jika garis kontur renggang mengartikan permukaan bumi landai. Garis kontur berbentuk huruf “U” mengartikan punggungan gunung. Sedangkan huruf “V” biasanya mengartikan suatu lembah/jurang.

Dalam membuat peta kontur kalian perlu menggunakan software arcGIS. Pembuatan dengan software ini pun mempunyai beberapa cara. Mulai dari yang paling sederhana serta mudah yaitu dengan membuat kontur dari ketinggian titik-titik yang ketinggiannya sudah jelas. Titik-titik ini biasanya mengandung informasi sederhana mulai dari koordinat sampe dengan ketinggian tempat. Informasi titik ini bisa diperoleh dengan dengan memanfaatkan GPS. Selain itu kalian juga bisa menggunakan autocad sebagai salah satu cara membuat peta kontur. AutoCAD Land Desktop biasanya memakai menu run comment jika ingin mengimport data. Selain itu penghitungan koordinat serta elevasi memanfaatkan Excel agar lebih akurat. Selain itu penghitungan Excel memperoleh data dari lapangan menggunakan Total Station serta Water Pass.

Peta kontur adalah peta yang sangat cukup penting bagi instansi BPN RI. Peta ini ternyata sangat memudahkan saat merencanakan pembangunan. Peta kontur ini sangat penting untuk mengetahui ketinggian suatu wilayah. Selain itu peta ini juga berguna buat instansi lain, seperti saat pembangunan jalan. Peta ini akan membantu mereka menentukan jalur mana yang lebih aman serta mudah dijadikan jalan. Kemiringan jalan juga bisa diperhitungkan dengan menggunakan peta kontur. Tak hanya jalan, jalur pengairan serta pembuangan air juga memerlukan peta ini. Mengingat bahwa sifat air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Sistem perairan yang dirancang bisa memberikan arah air hujan serta pembuangan yang baik dan benar. Kalian juga jadi bisa mengetahui daerah yang sering basah atau mengalami banjir saat musim penghujan. Sehingga sangat penting mengetahui cara pembuatan peta kontur yang baik dan benar. Mengingat manfaat peta kontur ini sangat penting dalam pembangunan di suatu wilayah. Sekian pembahasan tentang Cara Membuat Peta Kontur dan jangan lupa juga untuk membaca pembahasan lainnya tentang Langkah-Langkah Membaca Peta di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online