Home / Ilmu Peta / Alat Pemetaan / Cara Menggunakan GPS Garmin 64s

Cara Menggunakan GPS Garmin 64s

Cara menggunakan gps garmin 64s yang merupakan reinkarnasi dari seri Garmin GPSmap 62S. Perlu diakui memang, pada pandangan pertama kali melihatnya, cukup sulit untuk membedakan kedua perangkat ini. Terus, apa perbedaannya? kenapa mereka membuat model yang serupa yang kemudian hanya merubah serinya saja?

Sebelum kalian membeli GPS seri ini, ada baiknya kalian memahami isi dari artikel ini, saya membuat artikel ini berdasarkan pengalaman saya sebagai geologist yang sering jalan-jalan entah kemana saja. Saat ini, perangkat mini GPS sudah ada dimana saja terutama di smartphone kalian. Akan tetapi, GPS yang ada dismartphone sangatlah berbeda dengan GPS yang ada akan kita bahas kali ini. Jika hanya sekedar berjalan-jalan saja, GPS smartphone sudah cukup, namu jika kalian terlibat dalam project besar seperti pemetaan, mengukur luasan secara detil, pembangunan jalan, hal tersebut sangat tidak mungkin dilakukan dengan GPS di hp kalian. Oleh sebab itu, diperlukan GPS genggam untuk dapat mengukur data secara detil dan akurat.

Baca Juga :  Mengenal ArcScene dan ArcGlobe

GPS garmin 64s terkenal dengan GPS yang kokoh, fitur lengkap, GLONASS, Advanced Sensor dan lain-lain. Adapun fitur-fitur dan cara menggunakan GPS garmin 64s  sebagai berikut :

  1. layar warna 2,6 (walaupun ada sinar matahari masih dapat terbaca)
  2. Sensitivitas tinggi GPS dan dapat merima GLONASS dengan antena quad helix
  3. Opsi dimuat dengan peta TOPO UK & Irlandia Light & Irlandia
  4. 1 tahun Birdseye Citra Satelit berlangganan
  5. Termasuk juga basemap Worlwide
  6. Barometrik altimeter dan 3-axis kompas
  7. Aktivitas diluar ruangan dioptimalkan dengan sistem baterai ganda
  8. konektivitas nirkabel melalui Bluetooth technology¹ atau ANT + ™
Baca Juga :  Cara Download ArcGIS Desktop Terbaru

GPS garmin 64s GPSMAP memiliki fitur layar 2,6” dan jika terkena sinar matahari masih dapat dibaca dan sensitivitas tinggi GPS dan penerima GLONASS dengan antena quad helix. GPS 64s GPSMAP kokoh dan tahan air dilengkapi dengan altimeter barometric dan kompas 3-axis. Secara nirkabel dapat terhubung ke smartphone kalian untuk menghidupkan tracking. Intinya adalah, GPS ini memiliki kekuatan untuk mengidentifikasi lokasi kalian dengan cepat dan akurat, bahkan di daerah yang padat, lembah atau sekitar gedung-gedung tinggi. Cara menggunakan GPS garmin 64s memiliki kemampuan GLONASS yang bisa berjalan secara paralel dibandingkan hanya dengan GPS standar yang ditemukan di 62S; sehingga kalian mendapatkan satelit navigasi Rusia untuk menambah keakuratan lokasi kalian.

cara-menggunakan-gps-garmin-64s

GPSMAP 64S diklasifikasikan sebagai navigator genggam oleh Garmin dan tujuan utamanya adalah untuk menavigasi bahkan daerah yang paling terpencil. Ada 3-axis-tilt-kompensasi kompas dan altimeter barometrik juga. Jadi GPS garmin 64s merupakan GPS yang powerfull untuk kebutuhan pemetaan dan aktivitas project kalian.

Beriku Ini Video Cara Menggunakan GPS Garmin 64s :

Membahas mengenai GLONNAS, GLONASS merupakan fitur penting untuk membantu dalam menentukan posisi ataupun tracking data, jika melihat gambar dibawah ini, kalian bakal tau perbedaan detil antara 64s dan 62s. Dalam gambar di bawah ini kalian dapat melihat tracking di mana 62s (merah) berkelok, padahal jalan tersebut adalah jalan yang lurus.

cara-menggunakan-gps-garmin-64s-2

Fitur dari GPS garmin 64s lainnya adalah pemberitahuan pintar. Jika kalian pemilik iPhone 4s + kalian bisa mendapatkan teks, email dan pemberitahuan, tepat di layar 64s kalian. Fitur Bluetooth 64s juga memungkinkan kalian untuk menggunakan aplikasi seluler Garmin Connect untuk berbagi lokasi kalian melalui LiveTrack (selama Anda berada dalam jangkauan ponsel).

Demikian pembahasan tentang Cara Menggunakan GPS Garmin 64s, baca juga pembahasan menarik lainnya Reklamasi Teluk Jakarta di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

letak-astronomis-benua-antartika

Letak Astronomis Benua Antartika

Letak astronomis benua Antartika ini yaitu 66,5 LS – 90 LS, dan terletak pada lingkar …

2 comments

  1. Maaf mas, Saya baru menggunakan gpsmap 64s.
    Saya mau tanya mas, Untuk penggunaan fitur VIRB dari gpsmap 64s gimana ya mas? Mohon pencerahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online