Home / Ilmu Peta / Alat Pemetaan / Cara Menggunakan Theodolit Untuk Pemula

Cara Menggunakan Theodolit Untuk Pemula

Cara menggunakan theodolit dengan benar mungkin bagi sebagian besar dari kita masih belum tahu. Untuk alat theodolit merupakan sebuah alat yang biasanya akan digunakan dalam proses pengukuran tanah. Dalam penggunaan theodolit sebagai alat ukur tanah, nantinya dengan menggunakan theodolit kita akan mendapatkan hasil pengukuran dari sudut, baik itu sudut secara vertikal ataupun sudut secara horisontal. Dalam penggunaan theodolit sebagai alat ukur tanah, maka sudut yang telah didapatkan dari penggunaan theodolit akan sangat menentukan antara jarak mendatar dan juga jarak tegak antara dua titik yang ada di lapangan.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Total Station Dengan Cepat

Kalau kita menggunakan theodolit, maka hasil pengukuran dari theodolit akan dianggap sah dan benar kalau sumbu pertama dari theodolit benar dalam keadaan tegak dan sumbu theodolit kedua benar dalam kondisi yang mendatar. Kalau sumbut theodolit tidak dalam kondisi yang benar, maka proses pengukuran dengan theodolit akan bisa dinyatakan tidak valid.

Cara menggunakan theodolit akan bisa kita lakukan dengan benar, kalau sebelum kita akan menggunakan theodolit kita sudah melakukan setting pada theodolit yang akan kita gunakan. Untuk melakukan setting alat theodolit yang akan kita gunakan juga sangat mudah. Untuk melakukan setting theodolit, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dirikanlah bagian statif dari theodolit sesuai dengan prosedur penggunaan theodolit.

cara-menggunakan-theodolit-untuk-pemula

Lalu langkah yang selanjutnya adalah kita harus memasang peswat tepat diatas kepala statif theodolit dengan cara mengikatkan pesawat dengan kepala statif theodolit menggunakan sekrup pengunci. Kalau semua sudah benar terpasang di theodolit, maka kita sudah bisa mulai mengatur bagian nivo kontak yang ada di theodolit yang akan kita gunakan tersebut.

Baca Juga :  Cara Plotting titik koordinat ArcGIS

Cara menggunakan theodolit akan lebih mudah untuk kita lakukan kalau kita mempunyai panduan langkah di dalam menggunakan theodolit. Berikut ini beberapa langkah dalam menggunakan theodolit yang akan bisa membuat kita akan menggunakan theodolit dengan mudah, diantaranya adalah sebagai beriku ini :

  1. Dalam menggunakan theodolit, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah putar skrup pengunci perpanjangan berlawanan dengan arah jarum jam untuk membuat kendur skrup tersebut. Setelah itu kita harus menarik perpanjangan sampai ke bagian dada kita untuk mempermudah kita dalam menggunakan theodolit. Kalau kita sudah menemukan posisi pas untuk menggunakan theodolit, jangan lupa untuk mengencangkan kembali skrup perpanjangan.
  2. Untuk ketika kita akan menggunakan theodolit tidak mudah goyah, maka kita harus membuat kaki penyangga statif dengan bentuk segitiga sama sisi. Lalu kita injak pedal kaki yang ada di satatif theodolit untuk membuat theodolit menjadi lebih kuat. Atur kembali posisi tribal plat theodolit agar lebih sesuai dan nyaman untuk digunakan.
  3. Letakkan theodolit diatas tribal plat, setelah itu kita kencangkan sekrup pengunci centering yang ada di theodolit.
  4. Langkah yang harus kita lakukan selanjutnya adalah setel level nivo kotak agar sumbu pertama benar dalam keadaan tegak dengan menggerakkan sekrup kiap ketiga sisi theodolit secara beraturan.
  5. Setel nivo tabung untuk memastikan sumbu kedua benar dalam keadaan mendatar dengan cara menggerakkan skrup kiap ketiga sisi theodolit secara beraturan.
  6. Atur kembali posisi theodolit dengan menggerakkan ke kanan dan ke kiri untuk bisa meletakkan theodolit pas di tengah titik BM.
  7. Periksa lagi kedudukan garis bidik.
  8. Cek kembali indeks pada skala lingkaran.
  9. Untuk membaca hasil theodolit perhatikan rambut ukur yang akan menampakkan huruf E.

Cara menggunakan theodolit yang ada diatas memang akan membantu kita sebagai pemula untuk menggunakan theodolit. Kalau kita menggunakan theodolit dengan benar, maka hasil yang didiapatkan juga akan bisa akurat. Sekian pembahasan tentang Cara Menggunakan Theodolit Untuk Pemula, baca juga pembahasan dan artikel menarik lainnya tentang Cara Menggunakan Total Station Dengan Cepat di www.majalahbatu.com

About Abdi Maulana

Seorang ahli Teknik Geologi dan sangat senang bekerja didepan komputer. Membagi ilmu kepada orang lain merupakan kesenangan tersendiri. Gemar dengan software pemetaan dan terbiasa dengan software - software Geo. WORK EXPERIENCE : Jun 2012 - Sep 2012 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2012 - Sep 2012 : Asisten Geofisika at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Head GIS Asistant at STTNAS Jun 2013 - Sep 2013 : Asisten Geofisika at STTNAS Mar 2014 - May 2014 : Head GIS Asistant at STTNAS September 2015 – March 2016 : GIS at Global Artha Karya (Bukit Berlian Group)

Check Also

harga-gps-garmin-2017

Harga GPS Garmin 2017

Harga GPS Garmin 2017 akan dibahas pada artikel ini, bagi anda para pemburu GPS Garmin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seal Online